Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 16 Juni 2024 - 23:07 WIB

Peletakan Batu Pertama Konsep Rumah Dinas Palembang Menjadi Rumah Rakyat

PALEMBANG, Sekilasmedia.com- Menjelang Akhir masa jabatannya, Penjabat Walikota Palembang H. Ratu Dewa meresmikan dimulainya program Transformasi rumah dinas (Rumdin) Walikota Palembang di Jl Tasik menjadi Rumah Rakyat Palembang.

 

Peresmian ini ditandai dengan simbolis mendobrak gembok pagar Rumdin oleh Ratu Dewa pada menandakan bahwa rumah dinas tersebut kini bisa diakses oleh masyarakat umum. Minggu ( 16/06/2024)

 

“Tujuannya. Untuk menghilangkan sekat antara pejabat dengan masyarakat serta pegawai, dan menyediakan tempat bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, edukasi, literasi, serta ruang rekreasi dan berswafoto,” ujar Ratu Dewa.

 

Untuk mewujudkan perubahan ini, Pemerintah Kota Palembang melaksanakan proyek rehabilitasi besar-besaran pada rumah dinas walikota. Berdasarkan dokumen yang dihimpun, proyek ini merupakan inisiatif Bagian Umum Setda Kota Palembang yang mencakup rehabilitasi rumah dinas, pagar, taman, mushola, garasi, pos jaga, dan pendopo.

 

“Selain itu, Dinas Perkimtan Kota Palembang juga akan membangun jogging track dan memasang lampu, serta melakukan pengaspalan di sekitar Jl Tasik yang dijadwalkan selesai tahun ini.

 

“Proses ini memerlukan tahapan tertentu dengan waktu pengerjaan sekitar 180 hari kerja, dan ditargetkan selesai tahun ini agar segera bisa dinikmati masyarakat,” tambah Ratu Dewa.

 

Setelah peresmian, Ratu Dewa beserta rombongan meninjau proyek rehabilitasi yang sedang berlangsung. Terpantau, sebagian bangunan sudah dibongkar, termasuk taman yang hanya menyisakan patung gajah.

 

H. Ratu Dewa menjelaskan bahwa dengan perubahan ini, rumah dinas walikota tidak lagi eksklusif, tetapi terbuka untuk semua komponen masyarakat.

Konsep saya adalah agar rumdin dapat diakses oleh seluruh masyarakat, menjadi ruang diskusi, sarana edukasi bagi masyarakat Palembang, ruang terbuka bagi generasi milenial dan Gen Z, serta ruang literasi.”

Kita buat tempat ini ramai, termasuk halaman di sini,” jelasnya.

 

“Kami, komunitas anak muda, sangat mengapresiasi inisiatif Pj. Walikota Palembang, Drs. H. Ratu Dewa, M. Si, atau biasa disingkat RD, untuk menjadikan rumah dinas menjadi rumah rakyat,” katanya saat memberikan testimoni pada peletakan batu pertama rehabilitasi rumah dinas.

 

Willy Andrian menambahkan bahwa Milenial RD merasa sangat difasilitasi dengan adanya Rumah Rakyat ini. “Jika biasanya kami berdiskusi di kafe-kafe, sekarang kami memiliki rumah dialog,” ujarnya.

 

Ia juga berharap rumah rakyat ini dapat menjadi tempat berdialog langsung dengan Pj. Walikota Palembang dan para pemangku kepentingan.

 

“Dengan begitu, apa yang kami sampaikan dapat didengarkan langsung,” ungkapnya.

Milenial RD juga berkomitmen memberikan dukungan penuh untuk kegiatan atau program yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Palembang.

( ril)

Share :

Baca Juga

Perayaan Hari Natal Rimbawan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng

Daerah

Perayaan Hari Natal Rimbawan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng

Daerah

DPS Apresiasi Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023, Polresta Sidoarjo

Daerah

Hati Hati Membeli Kendaraan Murah Lewat Online, Polres Pati Jateng Berhasil Ungkap 325 Unit Motor dan 41 Mobil Bodong

Daerah

Lansia dan Anak Yatim Non Panti Kota Mojokerto Terima Bantuan Sosial

Daerah

Polri Hentikan Kasus Nurhayati

Daerah

Masyarakat Sidoarjo akan Nikmati Air Minur Berkualitas Tinggi 

Daerah

Wakil Bupati Gresik Buka Soft Opening Pergudangan Gresik PT. Sabar Ganda di Metatu Benjeng

Daerah

Wali Kota Probolinggo Gowes Bareng Warga Kelurahan Kedung Asem