Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 22 Juni 2024 - 10:36 WIB

Workshop Di Kampung Kue Dibimbing UPN Veteran Jatim: Optimalisasi Medsos, Membangun Bisnis Unggul UMKM

SURABAYA,Sekilasmedia.com-Workshop bertajuk “Optimalisasi Media Sosial untuk Membangun Bisnis Unggul UMKM Kampung Kue” telah sukses digelar di Surabaya. Acara ini dihadiri oleh sebagian besar anggota Karang Taruna dan para pelaku UMKM lokal yang sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi pelatihan.

Workshop ini dibimbing langsung oleh Bapak Dhian Satria Yudha, S.Kom., M.Kom., dosen pengampu mata kuliah Komputer dan Masyarakat dari UPN “Veteran” Jawa Timur. Kegiatan ini juga didukung oleh penyelenggara utama Tria Eka Lestari dan Geby Novfitriana, serta dibantu oleh rekan-rekan dari kelompok 13 dan kelompok 6.

“Kerja sama yang solid dari tim penyelenggara menjadikan acara ini berjalan lancar dan penuh dengan suasana belajar yang interaktif,” ungkap Tria Eka Lestari didampingi Geby Novfitriana.

Materi workshop diantaranya adalah cara memanfaatkan platform media sosial (medsos) untuk meraih keuntungan dalam konteks kewirausahaan, dan teknik membangun brand image yang kuat dan konsisten. Dalam kesempatan tersebut, peserta juga mendapatkan berbagai pengetahuan teoritis tentang pentingnya kehadiran di medsos, bagaimana memanfaatkan algoritma platform untuk mencapai audiens yang lebih luas, serta strategi konten yang efektif untuk menarik minat pelanggan.

Tidak hanya teori, bahkan peserta langsung diajak mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari. Diantara prakrenta, mereka diberi kesempatan untuk membuat akun medsos yang menarik, mengelola konten secara profesional, serta melakukan analisis performa akun mereka. Dengan praktik tersebut memberikan pengalaman nyata kepada peserta untuk mengelola medsos sebagai alat bisnis yang efektif.

Sebagai catatan, tujuan utama workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengoptimalkan penggunaan medsos sebagai alat strategis untuk memperluas jangkauan pasar, membangun komunitas loyal pelanggan, serta meningkatkan penjualan dan visibilitas produk UMKM Kampung Kue. Dengan menguasai teknik ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih kompetitif dan unggul dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk konkret pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jawa Timur. Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya mengedukasi tetapi juga berkolaborasi langsung dengan komunitas lokal untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah. Ini menunjukkan komitmen UPN Veteran Jatim dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Selain pembelajaran dan praktik, acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, dimana peserta dapat langsung berkonsultasi dengan pemateri mengenai masalah-masalah spesifik yang mereka hadapi dalam bisnis mereka. Hal ini memberikan nilai tambah bagi peserta karena mereka mendapatkan solusi yang relevan dan aplikatif untuk bisnis mereka.

Workshop inipun bisa menjadi langkah awal yang positif bagi UMKM Kampung Kue dalam memanfaatkan potensi medsos secara maksimal untuk mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan. Dengan acara semacam ini pula diharapkan tercipta lebih banyak pengusaha lokal yang mampu bersaing tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di kancah nasional dan bahkan internasional ke depannya. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926 (Tri, Geb / Siswahyu).

Share :

Baca Juga

Daerah

Polisi Beri Bantuan Air Bersih Untuk Warga Pasuruan

Daerah

BPSDMP Surabaya – Stikosa-AWS Kembangkan 5 Program Untuk Masyarakat

Daerah

Pemkab Blitar Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

Daerah

Dinkes Pamekasan Rapid Test Relawan Penanggulangan Bencana

Daerah

Polresta Sidoarjo Terus Masifkan Vaksinasi Covid-19 di Pasar Tradisional

Daerah

Terdampak Angin Kencang Di Kemlagi,Pemkab Mojokerto Salurkan Bantuan Rumah Warga

Daerah

Kapolresta Mojokerto bersama Ketua Bhayangkari Jenguk Istri Anggota yang Melahirkan

Daerah

Sebut Wartawan Seperti Preman, NH Resmi Di Lapokan Ke SPKT Polres Malang