Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 25 Juni 2024 - 10:33 WIB

Perpanjangan Masa Jabatan, Bupati Ikfina Kukuhkan 299 Kepala Desa Se-Kabupaten Mojokerto

 Mojokerto,Sekilasmedia.com – Sebanyak 299 kepala desa se-kabupaten Mojokerto resmi menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan dari Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Masa jabatan kades kini bertambah 2 tahun, yang dari sebelumnya enam tahun menjadi delapan tahun.

Penyerahan SK perpanjangan masa jabatan itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 5 Juni 2024, Nomor 100.3.5.5/2625/SJ perihal penegasan ketentuan perubahan pasal peralihan terkait kepala desa dan badan permusyawaratan desa dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Dilaksanakan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), pada Selasa (25/6) pagi. Pada penyerahan SK tersebut, juga turut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto Zulkarnain Mahading, dan Direktur BUMD serta Camat se-Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengucapkan selamat atas pengukuhan dan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa yang menjadi 8 tahun.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto mengucapkan selamat dan sukses kepada para kepala desa yang telah dikukuhkan dan diperpanjang masa jabatannya,” ucapnya.

Bupati Ikfina juga meminta kepada para kepala desa agar selalu menjaga kesehatannya, karena perpanjangan masa jabatan 2 tahun ini tentu masyarakat sangat menginginkan bukti kerja nyata para kepala desa setempat.

“Saya tentu berharap bisa terus bekerjasama dengan anda semuanya, kita sudah menata apa yang akan kita lakukan untuk seluruh desa yang ada di Kabupaten Mojokerto yang jelas kemajuan Kabupaten Mojokerto adalah kemajuan dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Mojokerto,” tegasnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menegaskan, kedepan akan fokus dalam membangun desa, sehingga Ia meminta sinergitas seluruh kepala desa dalam memajukan seluruh desa se-Kabupaten Mojokerto.

“Saya nyuwun bantuan dan dukungan panjenengan semuanya karena membangun Mojokerto harus bersama dengan kepala desa se-Kabupaten Mojokerto,” imbaunya.

Sementara itu, dalam laporannya, Asisten asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Pemkab Mojokerto Bambang Purwanto  menjelaskan, terkait perpanjangan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun terdapat 3 periodesasi yakni 2018-2024, 2022-2028, dan 2019-2025.

“Terdapat 3 periodesasi kepala desa, meliputi 7 kepala desa masa periode tahun 2018 sampai dengan tahun 2024, 41 kepala desa masa periode tahun 2022 sampai dengan tahun 2028, dan 251 kepala desa masa periode tahun 2019 sampai dengan tahun 2025,” ujarnya.

Bambang juga bersyukur, atas sinergitas dari seluruh stakeholder bahwa 299 desa se-Kabupaten Mojokerto saat ini sudah mendapatkan predikat desa mandiri.

“Dari 299 Desa di Kabupaten Mojokerto sudah mandiri, dengan rincian sebagai berikut tahun 2022 sebanyak 69 desa, tahun 2023 sebanyak 150 desa, tahun 2024 sebanyak 80 desa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada penyerahan SK perpanjangan masa jabatan kepala desa, Bupati Ikfina juga menyerahkan secara langsung piagam dan lencana desa mandiri kepada para kepala desa se-Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, untuk kepala desa yang berhalangan hadir dikarenakan sakit. Bupati Ikfina pun menyerahkan secara langsung kepada 4 kepala Desa tersebut.

Adapun 4 kepala desa yang menerima SK perpanjangan masa jabatan kepala desa, piagam, dan lencana desa mandiri di tempat masing-masing. Seperti Kepala Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi Suparlik, yang diserahkan langsung oleh Bupati Ikfina di Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto.

Selanjutnya, Kelapa Desa Jasem, Kecamatan Ngoro Moh. Imam Chanafi, kepala Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo Sunyoto, dan Kepala Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal H. Sumanan yang diserahkan langsung oleh Bupati Ikfina di kediamannya masing-masing.

Share :

Baca Juga

Belum Ada Tindakan, Bisnis Penyuntikan Gas Terang-terangan  di Denpasar

Daerah

Belum Ada Tindakan, Bisnis Penyuntikan Gas Terang-terangan  di Denpasar

Daerah

Pemkab Gianyar Bali Studi Komparatif ke Wisata Setigi Gresik

Daerah

Operasi Yustisi Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Kota Mojokerto Digelar Satgas Inpres Nomor 6 Tahun 2020

Daerah

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 74, Digelar Pemkab Mojokerto

Daerah

Anggap Sebagai Ibadah, Polisi di Gresik Donor Plasma Konvalesen 9 Kali

Daerah

Martin H (PDI Perjuangan): Wujudkan Moderasi Sosial Membangun Nusantara

Daerah

Operasi Pekat Polres Gresik Berhasil Amankan 123 botol Miras Dari 3 Warkop Di Manyar
Jembatan Penghubung Muara Teweh Dengan Jingah Resmi Beroperasi Tahun 2020

Daerah

Jembatan Penghubung Muara Teweh Dengan Jingah Resmi Beroperasi Tahun 2020