Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:49 WIB

Ngobrol Pemuda Inovatif Di Kecamatan Puri, Bupati Ikfina Kupas Tuntas Aspirasi Karang Taruna

 Mojokerto,Sekilasmedia.com– Bupati Ikfina Fahmawati, kembali menggelar program Ngopi (Ngobrol Bersama Pemuda Inovatif) Bareng Bupati Mojokerto. Pada program Ngopi yang kali ini diadakan di Kecamatan Puri itu, dengan didampingi para Kepala OPD, Bupati Ikfina membahas secara mendalam apa saja yang menjadi aspirasi Karang Taruna (Kartar) tingkat desa yang hadir pada program Ngopi tersebut.

Ada beberapa topik yang dibicarakan pada sesi interaktif itu, mulai dari kepedulian tentang pengelolaan sampah, dorongan terhadap produktivitas UMKM, hingga penekanan aplikasi Tumbas sebagai marketplace asli Kabupaten Mojokerto.

Diawal sesi, Bupati Ikfina mengajak para Kartar agar bisa menjadi pionir untuk pengelolaan sampah, karena menurutnya persoalan sampah tidak cukup hanya dengan menampungnya di TPA, pengurangan atau reduksi sampah, terutama sampah rumah tangga, harus digiatkan, mulai dari memilah antara sampah organik dan anorganik, hingga pemanfaatan kedua jenis sampah itu.

“Masalah pengelolaan sampah akan terus menjadi masalah, maka dari itu pemilahan di tingkat rumah tangga harus dilakukan, yang organik bisa dibuatkan biopori, dan yang anorganik bisa diolah lagi atau didaur ulang,” Tuturnya pada Jumat (21/6) malam.

Ikfina juga menambahkan agar sebisanya pemilahan yang dilakukan nantinya bisa seperti yang dipraktekkan di TPS3R, ia mencontohkan TPS3R di desa Trawas yang menurutnya penerapan akan pengelolaan sampah bisa untuk ditiru dan diaplikasikan pada masyarakat.

“Kapan-kapan silahkan kunjungi TPS3R desa Trawas, untuk belajar bagaimana memilah dan mengolah sampah disana,” Himbaunya.

Selanjutnya pada pembahasan peran Kartar sebagai penggerak dan pelaku UMKM, Bupati yang juga merupakan Pembina Karang Taruna Kabupaten Mojokerto tersebut menyarankan agar Kartar bisa memanfaatkan dengan baik potensi ekonomi yang ada di desanya masing-masing, baik itu potensi tentang jual-beli atau di bidang jasa.

“Mari dipikirkan dengan baik, dimanfaatkan potensi ekonomi yang ada didesanya masing-masing,” Ucapnya.

Bupati Perempuan pertama di Mojokerto itu juga menganjurkan kepada para pelaku UMKM yang berasal dari Kartar agar bisa memanfaatkan aplikasi marketplace ‘Tumbas’, hal ini diutarakannya karena visi kedepan aplikasi Tumbas ini, akan diwajibkan sebagai salah satu tempat transaksi jual beli UMKM dengan target pasar yaitu para ASN yang bekerja di Kabupaten Mojokerto.

“Pertahankan aplikasi tumbas ini, ayo kita kembangkan lagi, nanti saya akan arahkan ASN di Kabupaten Mojokerto agar belanja di marketplace itu, karena ini juga merupakan aksi timbal balik dari ASN kepada masyarakat melalui UMKM,” Tandasnya.

Tampak yang hadir mendampingi Bupati pada perhelatan ke-7 acara Ngopi ini adalah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Camat Puri beserta Forkopimca Puri dan Para Pengurus Karang Taruna Surya Majapahit selaku inisiator acara.

Share :

Baca Juga

Daerah

Peresmian Sekretariat KJJT Gresik Dan Meneguhkan Marwah Profesi Jurnalis

Daerah

Bupati Asahan Sambut Kedatangan Badan Anggaran DPRD Provsu

Daerah

PELANTIKAN BJS DESA SUMBERWULUH MENUAI KONFLIK WARGA.

Daerah

PJ Sekda Kota Palembang Ir. H. Gunawan MTP Menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bukit Asam 

Daerah

Satreskrim Polrestabes Surabaya Bongkar Sindikat Joki Online Masuk SMBPTN

Daerah

MCW Menduga Ada Kecurangan Pelaksanaan PPDB Kota Malang 2023, Penerimaan Liar Diluar Sistem

Daerah

Presiden Jokowi Puji Kerajinan UMKM Sidoarjo

Daerah

Ratu Dewa Imbau ASN Disiplin Kembali Ngantor 16 April 2024, Jika Melanggar Akan Disanksi