Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 8 Juli 2024 - 17:41 WIB

Hari Ini Pendaftaran Jalur Zonasi Tingkat SMP di Kota Malang Telah Dibuka

Malang,sekilasmedia.com- Memasuki tahun ajaran 2024/2025 Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan Kota Malang melaksakan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk TK, SD dan SMP di Kota Malang.

Dimana penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP melalui jalur zonasi  untuk di Kota Malang telah dibuka mulai  tanggal 8-10 Juli 2024.

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah khususnya di Kota Malang agar memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas.

Daya tampung sekolah yang terbatas untuk dapat menerima jumlah peserta didik baru yang terdaftar, maka perlu diadakan sistem seleksi PPDB yang objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif, dan kompetitif, serta menjamin akses layanan pendidikan di Kota Malang dapat menjangkau ke semua lapisan masyarakat, dapat dilaksanakan dengan mudah, terjangkau dan berkualitas.

Kabid Pendidikan Dasar Dikbud Kota Malang, Dodik Teguh Pribadi untuk masuk jenjang SMP, zonasinya masih tetap 50 persen. Menurutnya, tidak ada perubahan yang menyolok, sebab regulasi pusat juga tetap, yaitu Permendikbud no 1 tahun 2021 dan tidak mengalami kendala yang berarti.

“Untuk tahun sekarang data sudah dimasukkan oleh operator di Sekolah SD-nya, ada kemungkinan melenceng sedikit setelah dicek operator SMP tidak sesuai. Contohnya alamat berada di Jalan veteran tapi di google map berada di Jalan Sumbersari, setelah dicocokan sesuai ya sudah,” terang Dodik saat ditemui di Posko PPDB Dinas Pendidikan Kota Malang. Senin (8/7).

Dirinya juga tidak mengetahui secara persis letak ketidak samaan antara yang mendata dari operator pihak sekolah SD dan operator SMP. Setelah cocok sesuai data, langsung upload berkas untuk verifikasi lanjutan.

“Verifikasi ada dua, kalau benar masuk seleksi dan kalau salah harus diperbaiki lagi datanya,” tuasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemberian Penghargaan Untuk Pencapaian Target Penerimaan Pajak Daerah Tahun 2022

Daerah

Antisipasi Lonjakan Korban DBD, Bhabinkamtibmas Jetis Laksanakan Fogging di Desa Kupang

Daerah

Musrenbang RKPD Kabupaten Mojokerto Dorong Pemulihan Ekonomi 

Daerah

PKP Serdik Sepimma Polri Angkatan Ke-69, Terkait Peran Bhabinkamtibmas Sidoarjo Hadapi Pemilu 2024

Daerah

Bersiap Assessment Tahap 1, Diskominfo Ajak Perangkat Daerah Berkomitmen Implementasikan Smart City.2022

Daerah

Kolaborasi Vaksinasi Bareng HMI dan SEMMI, Kapolri Optimis Herd Immunity Terbentuk di Agustus-September

Daerah

Target PTSL 2024, BPN Sosialisasikan 6000 Bidang Untuk Menganti Dan Driyorejo

Daerah

Gojek Mojokerto Bersatu Dukung Polri Dengan Hastag Kami Masih Butuh Polisi