HOME << KATEGORI : Daerah

Akibat Kemarau Panjang, Sebagian Wilayah Probolinggo Alami Kekeringan

Akibat Kemarau Panjang, Sebagian Wilayah Probolinggo Alami Kekeringan
Foto perbaikan saluran air

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Masyarakat Dusun Krandon, Desa Tandonsentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo nampak berkumpul diujung Dusun. Pasalnya mereka akan menuju Kali Gede Lumbang dengan tujuan kerjabakti mempebaiki saluran air yang menuju sejumlah dusun di desa tersebut, Sabtu (11/10). Mereka tidak segera melakukan aktifitas, mengingat masih menunggu Sertu Widarto selaku Babinsa desa ini yang kebetulan bintara anggota Koramil 0820/9 Lumbang tersebut berdomisili di kabupaten Pasuruan.

Hal yang dinilai lumrah apabia warga setempat menunggu yang satu ini, mengingat bintara tersebut selalu dapat menunjukkan sinergitasnya dengan warga terlebih jika ada kegiatan yang bersifat sosial seperti gotong royong kerjabakti.

Sesuai kesepakatan warga sabtu pagi ini mereka akan melaksanakan kerja bhakti untuk memperbaiki saluran air bersih yang menuju Dusun Krandon, Desa Tandosentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Sudah 4 hari ini, saluran air yang memenuhi kebutuhan air bersih menuju Dusun mereka tidak mengalir, ada kemungkinan pipa air yang melintas diarea perkebunan dirusak oleh binatang liar (Babi Hutan).

Sedangkan sumur warga sudah banyak yang kering dikarenakan kemarau panjang yang sampai saat ini masih belum turun hujan.

Oleh karena itulah Sertu Windarto mengajak masyarakat binaannya untuk menelusuri pipa air dari ujung Dusun Krandon hingga sungai Kali Gede, sepanjang jalur pipa Sertu Windarto sesekali berhenti dan mencangkul tanah merapikan pipa dan dipendamnya, hal tersebut diikuti pula oleh masyarakat yang lain.

Tak terasa pipa sepanjang 3 KM telah terlalui dan ternyata benar ada pipa yang terlepas sambungannya karena tergaruk binatang liar.

Merekapun langsung bekerja untuk menyambung pipa yang terlepas tersebut, senyum dan tawa pun terlepas dari mereka seakan melepas lelah yang mulai terasa.
Sarmin salah satu warga Desa nyeletuk bercanda “ngene ae kudhu ngejak Babinsa” (begini aja harus bersama Babinsa) diikuti teriakan dan canda warga yang lain membuat suasana ditengah kebun warga menjadi hiruk pikuk kegembiraan dalam kerukunan penuh kekeluargaan.
Menyikapi candaan warga, Sertu Windarto Babinsa Tandonsentul hanya tersenyum dan larut dalam kegembiraan warga.(Rul/S)

Baca Juga :   Kemeriahan Lomba Gerak Jalan Unik dan Perlombaan Tradisional di Kantor Pemkot Probolinggo

Telah dibaca : 23 kali.