HOME << KATEGORI : Artikel

Cara Astronot Buang Air di Luar Angkasa : Susah dan Diintip Kamera

toilet iss
Toilet ISS untuk para astronot

Artikel, sekilasmedia.com – Pernahkah terbayangkan oleh anda bagaimana seorang astronot di luar angkasa buang air ? Pasti anda membayangkan betapa sulitnya melakukan aktifitas sakral tersebut di ruang hampa udara. Membayangkan bila benda apapun mengapung di medan tanpa gravitasi, bagaimana dengan limbah pembuangan para astronot ?

Ternyata, masalah yang tak pernah terpisahkan dalam kehidupan manusia tersebut sudah dipersiapkan sebelum para astronot berangkat menggunakan pesawat luar angkasa International Space Station (ISS). Seperti halnya dengan bekal makanan astronot yang dikemas seringan dan sepraktis mungkin, masalah buang air pun didesain sepraktis makanannya.

toilet iss
Bentuk toilet ISS

 

Seperti dikutip dari softpedia, water closet di luar angkasa berbeda dengan di bumi. Bila WC di bumi memiliki lubang buang sekitar 30 hingga 40 cm, di ISS ukuran lubangnya jauh lebih kecil, hanya  sekitar 10 cm. Lubang sekecil itu bukannya tanpa alasan. Dengan lubang kecil tersebut, didesain agar kotoran para astronot tidak berceceran kesana kemari.

Uniknya lagi, NASA justru memasang kamera kecil di lubang toilet. Tujuannya, agar para astronot bisa mereka ulang apa yang dilakukannya saat buang air.

Untuk mengumpulkan kotoran, toilet yang digunakan dipasang menggunakan selang yang bisa menghisap dan mengumpulkannya dalam sebuah tempat. Selanjutnya, kumpulan kotoran tersebut dibuang ke luar angkasa.

Berbeda dengan kotoran, untuk urine tidak dibuang, melainkan akan didaur ulang. NASA menggunakan alat daur ulang untuk memproses ulang urine agar dapat diminum kembali. Mereka mengklaim, alat tersebut memiliki teknologi penyulingan yang canggih.(and/berbagai sumber)

 

Baca Juga :   Terungkap, Lemon Beku Berkhasiat Melebihi Kemoterapi Tradisional
Telah dibaca : 171 kali.