HOME << KATEGORI : TENTARAKU

Dandim 0820 Hadiri Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat

Dandim 0820 Hadiri Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat
foto Dandim 0820 Hadiri Rakor Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo Senin (02/9/2019) pagi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Aliran Kepercayaan (Pakem) dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat kota Probolinggo Tahun 2019 di Kantornya Jalan Mastrip no. 07 Kota Probolinggo.

Hadir dalam acara ini yakni Martiul Chaniago, SH (Kajari Kota Probolinggo), Letkol Inf Imam Wibowo S.E M.I.Pol(Dandim 0820 Probolinggo), Drs Mufi Imron Rosyadi M.EI (Ka Kan Kemenag Kota Probolinggo), Herman Hidayat, SH (Kasi Intel kajari Kota Probolinggo), Elan Jaelani (Kasi Pidum Kajari kota Probolinggo), Slamet Haryanto(Perwakilan Diknas Kota Probolinggo), Edi Trisula ( Sekretaris Kesbangpol Kota Probolinggo), M. Danam (Perwakilan MUI kota Probolinggo), H.Misbah (Perwakilan PCNU kota Probolinggo), Moh Arifurahman(Perwakilan Kemenag Kota Probolinggo), Wayan Riasa (Perwakilan FKUB), Romo Hugo (Perwakilan Majelis Antar Gereja Kota Probolinggo).

Kejari kota Probolinggo menggelar Rapat Koordinasi Pakem dan aliran Keagamaan dalam rangka koordinasi, monev, dan penanganan permasalahan aliran keagamaan dalam Masyarakat.

“Karena saat ini semakin meningkat dan berkembangnya aliran keagamaan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dinegara kita. Maka diperlukan pengawasan yang intensif dan juga harus persuasif,” ujar Martiul Chaniago, SH ( Ka Kejari Kota Probolinggo)

Pada kesempatan yang sama Dandim 0820/Probolinggo juga menyampaikan Meningkatnya permasalahan yang terkait dengan aliran-aliran keagamaan dan kepercayaan membutuhkan kehadiran negara dalam mengantisipasi dan melakukan penanganan secara cepat dan tepat agar tidak berkembang menjadi konflik sosial yang mengancam keutuhan NKRI.

“Pentingnya Peluncur atau pelopor diwilayah seperti Babinsa dari pihak TNI dan Babinkamtibmas dari pihak Polri guna untuk mendeteksi Dini dan pencegahan dini potensi kerawanan situasi diwilayah terpencil”.Ujar Letkol Inf Imam Wibowo S.E., M.I.Pol (Dandim 0820 Probolinggo),

Baca Juga :   Anggota Satpol PP Paiton Diduga Pungli Warung Remang-Remang

Dandim berharap, rapat koordinasi itu akan menerima dan menganalisa laporan atau informasi dari pelopor atau peluncur diwilayah tentang aliran kepercayaan masyarakat atau aliran keagamaan.Serta meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran kepercayaan atau aliran keagamaan, untuk mengetahui dampak-dampaknya bagi ketertiban dan ketenteraman umum.

“Saya berharap, laporan dan saran dapat di berikan sesuai dengan jenjang wewenang dan tanggungjawab,agar penanganannya dapat dilakukan secara cepat dan tepat”. harap dandim 0820/Probolinggo.(Fahrul)

Telah dibaca : 13 kali.