HOME << KATEGORI : Peristiwa

Diduga Akibat Putung Rokok, Lahan Hutan Gunung Geger Ludes Dilalap Api

Diduga Akibat Putung Rokok, Lahan Hutan Gunung Geger Ludes Dilalap Api
foto Diduga Akibat Putung Rokok, Lahan Hutan Gunung Geger Ludes Dilalap Api

Malang, Sekilasmedia.com Personil Polsek Pagak dipimpin oleh Kapolsek AKP Sahraku, SH bahu membahu bersama Anggota koramil dan petugas Perhutani  memadamkan api yang membakar area lahan hutan gunung geger Desa Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang , Senin (27/08/2019) Pukul 12.30 wib. 27 Agustus 2019

Diketahui  pukul 12.00 Wib, dari laporan warga, si jago merah sudah menjalar menghanguskan rerumputan, semak belukar dan sebagian pohon jati yang berada di lokasi kebakaran. Semak dan rumput yang kering menyebabkan api cepat membesar.

Menurut keterangan dari Kapolsek Api tiba – tiba muncul  membakar rumput dan daun kering yang ada di tempat tersebut yang akhirnya api cepat menjalar dan  mengakibatkan kebakaran meluas yang belum diketahui penyebabnya dan atas kesigapan anggota yang bekerja sama dengan Pemadam kebakaran dari PT. Eka Mas Fortuna api bisa dipadamkan

Untuk korban jiwa dan materiil tidak ada, karena api hanya membakar rerumputan, semak belukar dan pohon jati. Akan tetapi kalau tidak segera dipadamkan dikhawatirkan api akan semakin meluas dan sampai ke rumah-rumah warga yang berada di tepi hutan.

“Untung cepat diketahui, sehingga kebakaran belum meluas kemana-mana” ujarnya. Sementara  Kapolsek yang berada di lokasi juga menjelaskan selama ini Polri telah mempunyai satgas khusus yang diberi nama Satgas Karhutla yang mempunyai tugas untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kita juga sudah menjalin kerjasama dengan semua pihak termasuk dari Koramil Pagak, petugas pemadam Kebakaran dari PT. Eka Mas Fortuna dan  Perum Perhutani yang mempunyai wilayah hutan cukup luas di wilayah Kecamatan Pagak. Disamping itu kita dari Polsek Pagak juga aktif melakukan penyuluhan kepada warga masyarakat disekitar hutan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :   Cuaca Buruk, Boks Ikan Numpuk Di Dermaga Sangsit

“Dihimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, apalagi di musim kemarau seperti saat ini” imbuhnya.(conkArif)

Telah dibaca : 16 kali.