HOME << KATEGORI : Daerah

DPUPR Lakukan Aksi Bersih – Bersih Sungai Guna Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

DPUPR Lakukan Aksi Bersih - Bersih Sungai Guna Tingkatkan Kesehatan Masyarakat
Foto DPUPR Lakukan Aksi Bersih – Bersih Sungai Guna Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo melakukan aksi bersih-bersih sungai, Senin (2/9/2019). Kegiatan ini dilakukan pada Kali Rondoningo, shelter Sidomukti, Kali Kertosono, sungai Kandangjati serta Kali Jambon.

Aksi bersih-bersih sungai ini melibatkan 100 orang terdiri dari juru pengairan, PPA dan masyarakat setempat. Kegiatan ini difokuskan kepada pembersihan sampah, pemotongan rumput dan pembersihan sedimentasi.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air Oemar Sjarief mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan sungai, meningkatkan taraf kesehatan masyarakat serta memberikan contoh kepada masyarakat.

“Kegiatan bersih-bersih sungai ini merupakan program rutin yang selalu kami lakukan. Setiap harinya pasti ada petugas yang berjaga-jaga terhadap kebersihan sungai, terutama apabila ada sampah-sampah di pinggir sungai langsung dibersihkan. Dengan demikian aliran airnya bisa lancar dan tidak sampai tersumbat,” katanya.

Menurut Oemar, selama ini kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai sudah sangat baik. Tetapi kami tetap memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang berada di sepanjang aliran sungai untuk lebih menjaga kebersihan sungai. Karena hal itu merupakan bagian dari kita sendiri dan untuk kesehatan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang,” tegasnya.

Melalui aksi bersih-bersih sungai ini Oemar mengharapkan nantinya ada peningkatan taraf kesehatan masyarakat sehingga muncul SDM-SDM yang sehat dan pandai untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Selain untuk melakukan pencegahan genangan air dan banjir, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai yang ada di sekitarnya demi meningkatkan taraf kesehatan hidupnya,” pungkasnya.(Fahrul)

Baca Juga :   Babinsa Peterongan Dampingi Poktan Bangun Karyo Tanam Padi

Telah dibaca : 12 kali.