HOME << KATEGORI : Daerah

Kemenag Gelar Fungsionalisasi Data-Based EMIS

Kemenag Gelar Fungsionalisasi Data-Based EMIS
Foto Kemenag Gelar Fungsionalisasi Data-Based EMIS

PROBOLINGGO, Sekilasmedia.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan fungsionalisasi data-based EMIS melalui pembinaan manajemen tata kelola BOP (Biaya Operasional Pendidikan), BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan PIP (Program Indonesia Pintar) bagi RA/madrasah dalam perspektif pengawasan, Rabu (28/8/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 112 peserta terdiri dari Ketua IGRA Kecamatan, Ketua KKM MI, MTs dan MA, Kepala Satker serta Pengawas RA/madrasah di Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir dari Polres Probolinggo, Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo dan Irjen Kemenag RI.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pemahaman kepada stakeholder penyelenggara lembaga pendidikan berbasis masyarakat yakni RA dan madrasah dalam konteks tata kelola manajemen BOP bagi RA dan BOS bagi madrasah serta PIP di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terhadap regulasi dan perundang-undangan sebagai pijakan dan dasar hukum pelaksanaan kegiatan serta membangun sistem pengawasan sekaligus sebagai wadah koordinasi dan konsultasi dengan institusi Polres, Kejaksaan Negeri dan Irjen Kemenag RI,” katanya.

Menurut Santoso, kegiatan fungsionalisasi data-based EMIS ini merupakan program kerja dari Seksi Pendma (Pendidikan Madrasah) Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo semester ganjil.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan tata kelola BOP, BOS dan PIP yang transparan dan akuntable. Sekaligus terwujudnya 3 tertib meliputi tertib perencanaan, tertib pelaksanaan dan tertib pelaporan. Sebagai tindak lanjut nanti akan dilakukan monitoring dan evaluasi berkala sebagai upaya preventif terhadap kesalahan dalam program realisasi BOP, BOS dan PIP,” harapnya.(Fahrul)

Baca Juga :   3000 Anak Paud Ramaikan Pawai budaya Kota Probolinggo
Telah dibaca : 9 kali.