HOME << KATEGORI : Mojokerto

Meriahkan HUT TNI ke 72, Ribuan TNI Road Bike 72 K.

Ft.peserta Road bike 72 K.

SekilasMojokerto.Com- Ribuan peserta TNI Road Bike 72 Bersama Rakyat TNI Kuat, akhirnya berhasil memasuki titik finish di Pendopo Agung Trowulan Kabupaten Mojokerto mulai pukul 08.30 WIB. Mereka diberangkatkan dari 9 titik start di sejumlah wilayah teritorial jajaran Kodam V Brawijaya pada Minggu (08/10-2017) pagi.

Even gowes yang dilaksanakan Kodam V Brawijaya untuk memeriahkan HUT TNI ke 72 kali ini dikemas berbeda. Umumnya gowes diberangkatkan dari 1 titik start menuju 1 titik finish. Namun, gowes kali ini diberangkatkan dari 9 titik start menuju 1 titik finish.

Kesembilan titik start yakni Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Nganjuk, Lamongan, Gresik, Malang dengan menempuh jarak 72 KM. Kecuali Mojokerto jarak tempuhnya 14,5 karena merupakan tim eksekutif Kodam V Brawijaya yang diberangkatkan Bupati MKP dari Halaman Pendopo Majatama Kabupaten didampingi tim gowes LCC Mojokerto.

Irdam V Brawijaya Kolonel Arh Purwo Sudaryanto yang mewakili Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko menyampaikan even gowes yang berangkat dari 9 titik start untuk menuju 1 titik finish merupakan murni gagasan Pangdam. “ Ini even gowes kali pertama yang diberangkatkan dari beberapa titik start,” ujarnya dalam sambutannya yang didampingi Danrem 082 CPYJ Kolonel Kav. Gathut Setya Utomo.

Kolonel Arh Purwo Sudaryanto, juga menjelaskan tujuan Pangdam memilih lokasi finish di Trowulan Mojokerto. Yakni ingin lebih mengenalkan kembali Trowulan sebagai pusat situs sejarah Kerajaan Majapahit. Sebab lahirnya NKRI dan Bhineka Tunggal Eka dari Kerajaan Majapahit.

“Panglima ingin mengenalkan kembali sejarah Kerajaan Majapahit dikanca nasional maupun internasional. Harapan ke depan, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai event nasional guna kebersamaan dan kesatuan bersama,” tandasnya.

Dipilihnya Trowulan sebagai titik finish, sambung Danrem 082 Kolonel Kav. Gathut Setya Utomo para peserta juga bisa melihat langsung peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang tersebar banyak di seputaran wilayah Trowulan. Seperti peserta dari Surabaya, memilih rute melewati Jatirejo sehingga bisa melihat langsung Candi Tikus dan Bajang Ratu.

Baca Juga :   Ruwat Agung Nuswantoro 1951 Saka Tahun 2017

Tak hanya bisa menikmati obyek situs sejarah Kerajaan Majapahit, peserta mendapat hadiah. “ Panitia menyediakan hadiah dengan total nilai Rp 282 juta. Diantaranya 3 unit sepeda motor, sepeda gunung dan barang elektronik rumah tangga,” jelas Dandim 0815 Mojokerto Letkol Czi Budi Pamudji selaku Ketua Sub Panitia Titik Finish seraya menegaskan 80 persen dari jumlah peserta adalah masyarakat.

Sementara road bike yang diikuti sekitar 6.000 orang, dihadiri Mantan Pangdam V/Brawijaya Mayjen Purn I Made Sukadana, Kasgartap III/Surabaya Brigjen TNI Mar Widodo Dwi P, Kas Armatim Laksma TNI Roberth WT, Irdam V/Brawijaya Kolonel Arh Purwo Sudaryanto, Danrem 081/Dsj, Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav Gatot Setyo Utomo, Danrem 083/BJ dan Danrem 084/BJ, Danrindam V/Brawijaya Kolonel Inf Yufti Senjaya, Kajasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Ramli dan para Ka Balak Kodam V/Brawijaya.(wo)

Telah dibaca : 12 kali.