HOME << KATEGORI : Daerah

Pasien Lebih Tenang, Karena Program JKN-KIS

Pasien Sunariyani saat dirawat di Rumah sakit

Mojokerto,Sekilasmedia.com– Sunariyani (57) merupakan salah seorang yang beruntung memiliki kartu JKN-KIS. Ia bersyukur dan menuturkan bahwa sejak 2014 ia telah terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan iuran (PBI) yang iuran JKN-KIS nya ditanggung oleh pemerintah.

Saat dikunjungi, perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini tengah menjalani perawatan di ruang perawatan kelas III di salah satu rumah sakit swasta di wilayah Kota Mojokerto.

Ia mengatakan bahwa kondisinya sekarang telah membaik meski dokter belum memperbolehkannya pulang. Sunariyani lantas bercerita tentang sakit yang tengah dideritanya hingga menyebabkan dirinya dirawat di rumah sakit.

“Awalnya saya merasa badan ini panas demam tetapi menggigil di sekujur tubuh. Rasa nyerinya sampai ke persendian,” jelas Sunariyani.

Atas kondisi Sunariyani yang makin lemah, pihak keluarga kemudian membawanya ke puskesmas terdekat untuk diperiksa kesehatannya. Tak lama setelah diperiksa dokter di puskesmas, ia diberi obat dan diperbolehkan pulang.

Selama kurang lebih empat hari mengkonsumsi dan menghabiskan obat-obatan dari dokter puskesmas, Sunariyani masih merasakan sakit sehingga ia dibawa kembali ke puskesmas untuk diambil darah dan diperiksa di laboratorium puskesmas.

Hasil pemeriksaan darah terlihat kadar trombositnya yang rendah hingga akhirnya harus dirujuk ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Sesampainya di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit, ia harus menjalani tes jantung dan rangkaian tes lainnya sebelum akhirnya dirawat di ruang perawatan kelas III.

Setelah selama tiga hari dirawat, Sunariyani merasakan kondisinya semakin membaik. Ia bersyukur atas besarnya manfaat yang ia terima sebagai peserta JKN-KIS.

“Bagi saya JKN-KIS sangat bermanfaat dan meringankan ekonomi keluarga saya. Memiliki kartu JKN-KIS perasaan saya lebih tenang karena jika sewaktu-waktu sakit bisa langsung digunakan untuk periksa dan tidak khawatir mengeluarkan biaya untuk berobat untuk beberapa penyakit yang saya derita.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo Halal bihalal Dengan 1500 ASN

Program Jaminan Kesehatan sangat membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang tidak mampu seperti saya. Dan bagi yang belum memiliki kartu JKN-KIS agar segera mendaftar karena sangat bermanfaat,” pungkas Sunariyani.(wo/Rin)

Telah dibaca : 12 kali.