HOME << KATEGORI : Daerah

Tak Geram, Pengguna Jalan Masih Saja Langgar Syarat Mengemudi

Tak Geram, Pengguna Jalan Masih Saja Langgar Syarat Mengemudi
Foto Tak Geram, Pengguna Jalan Masih Saja Langgar Syarat Mengemudi

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Pelaksanaan program Operasi Patuh Semeru Tahun 2019 yang secara serentak dilakukan oleh jajaran Kepolisian khususnya Satuan Lalu lintas bertujuan sebagai upaya penyadaran terhadap pemilik dan pengguna kendaraan bermotor untuk selalu patuh terhadap ketentuan yang diberlakukan dalam menggunakan kendaraan bermotor.

Momen pelaksanaan operasi selama dua pekan, ternyata masih banyak ditemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor dari berbagai jenis, mulai roda dua (R2) hingga roda empat (R4). Hal ini terpantau dari penindakan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Probolinggo kota selama berlangsungnya gelaran operasi.

Menurut Kasat Lantas AKP Tavip Hariyanto SE, Selama dua pekan pelaksanaan operasi Patuh Semeru, institusinya berhasil menjaring ribuan pelanggar. “Kita optimalkan pelaksanaan operasi Patuh Semeru 2019 disejumlah ruas jalan diwilayah hukum Polres Probolinggo kota dan sejumlah penindakan kita lakukan terhadap pengguna kendaraan bermotor yang tidak komitmen melengkapi persyaratan dalam berkendara.”Ujarnya.

Menurut data yang berhasil dihimpun dari Satlantas setempat pada pelaksanaan operasi mulai 1 Januari hingga 11 September 2019 terhitung 9.645 pelanggaran dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor. Beberapa penindakan berupa tilang dan mengamankan kendaraan bermotor dilakukan dengan rincian 303 pelanggaran meliputi upaya Tilang sebanyak 263 pelanggar, Kemudian 40 berupa Teguran. Sedangkan Dakgar (Tindak Pelanggar) yang meliputi pelanggaran melawan arus, pengendara dibawah umur, tidak menggunakan helm keselamatan dan tidak bisa menunjukkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) terdapat 4.275 pelanggar yang berakhir tindakan Tilang. Adapun sebanyak 5.370 pelanggar hanya mendapat sanksi teguran.

Yang pasti dalam kegiatan operasi yang secara intens dilakukan oleh Satlantas Polres Probolinggo kota, menunjukkan grafik yang mengkhawatirkan menyangkut faktor kesadaran pengguna ranmor. “Terhadap para pengendara semua jenis kendaraan bermotor yang secara sengaja tidak patuh pada aturan, termasuk tidak memiliki Sim dan tidak bisa menunjukkan dokumen kendaraan berupa STNK, dengan tegas kami ambil tindakan tilang dan bila perlu unit kendaraannya kami amankan.”ujar Ipda Rizal,SH Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo kota.(Fahrul)

Baca Juga :   HUT Korpri Kab Mojokerto, Dimeriahkan Dengan Senam Dan Jalan Santai Bersama Forkompimda.

Telah dibaca : 49 kali.