HOME << KATEGORI : Daerah

TP PKK Kedawung Apresiasi 10 Muharram Dengan Menyantuni Sejumlah Anak Yatim

TP PKK Kedawung Apresiasi 10 Muharram Dengan Menyantuni Sejumlah Anak Yatim
foto TP PKK Kedawung Apresiasi 10 Muharram Dengan Menyantuni Sejumlah Anak Yatim

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Meneladani apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam memasuki bulan Muharram dengan melakukan kegiatan yang banyak mengandung keberkahan.  Selain berpuasa, menyantuni anak yatim adalah salah satu amalan sunah yang disarankan Rasul saat bulan pertama pada penanggalan Hijriah yakni saat bulan Muharram.

Dengan mengikuti saran Rasulullah menyantuni anak yatim selain puasa Asyura, jadi tradisi yang disebut Lebaran anak Yatim. Hal ini yang diwujudkan oleh Tim Penggerak PKK Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo dengan melakukan kegiatan pemberian santunan pada sejumlah anak yatim, Rabu (10/9).

Kegiatan yang berbarengan dengan pengajian rutinan dan dilangsungkan di Pendapa Desa setempat ini dihadiri oleh semua anggota TP PKK desa Sumber Kedawung. Selain itu nampak hadir tokohAgama dan masyarakat, beberapa perangkat desa serta anak yatim yang mendapatkan santunan. “Kegiatan ini merupakan rutinitas yang acap dilakukan pada 10 Muharram  setiap tahunnya. Selain mengikuti sunah rasul, karena dibulan muharram ini banyak keberkahan didalamnya terutama pada minggu kedua atau 10 Muharram dengan berbagi kebahagiaan pada anak yatim.””ujar Munawaroh, Ketua TP PKK Desa Sumber Kedawung.

Lebih lanjut, istri Kepala Desa Sumber Kedawung ini mengaharapkan dengan keikhlasan para anggota beserta donator yang simpati terhadap anak yatim ini, akan selalu menerima pahala dan keberkahan di bulan Muharram. “Mudah-mudahan santunan pada sejumlah anak yatim ini akan memberi kebahagiaan bagi penerimanya dan dapat bermanfaat untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya.”tambah Munawaroh.

Setelah dilakukan pembacaan doa, selanjutnya dilakukan prosesi pemberian santuan terhadap 12 anak yatim yang berasal dan tersebar di desa ini. Nampak kesakralan disertai keharuan mengiringi pemberian santunan yang dilakukan oleh semua anggota TP PKK desa tersebut. Diiringi sholawat satu persatu ibu-ibu anggota komunitas ini mengusap rambut anak yang diberi santunan sesuai petunjuk yang diberikan nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :   Pasar Lawang Dilalap Sijago Merah, Kepala UPT Angkat Bicara

Ditempat terpisah, H Amun selaku Kades Sumber Kedawung saat diwawancarai terkait kegiatan tersebut mengungkapkan apresiasinya. Menurutnya hal yang patut diteladani ketika momentum 10 Muharram ini dijadikan kegiatan positif dan hanya mengharap ridho Allah SWT. “Diharapkan kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan dan perhatian terhadap anak yatim terus ada dihati terlebih memberi kebahagiaan di bulan Muharram ini.”ujarnya.(Sf)

Telah dibaca : 22 kali.