HOME << KATEGORI : Daerah

Upacara Pramuka ke-57, “Pramuka Perekat NKRI“

Mojokerto, Sekilasmedia. Com-Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Mojokerto melaksanakan upacara Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di Gelora A. Yani Kota Mojokerto, Selasa (21/8/2018).Bertindak selaku pembina upacara, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mojokerto Subambihanto, mewakili Wakil Wali kota Mojokerto selaku Wakil Ketua Pembina Cabang (Kamabicab) Kota Mojokerto.
Membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault, Subambihanto menyampaikan, gerakan pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. “Satya dan Darma Pramuka sebagai dasar pendidikan kepramukan harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berperilaku,” kata Bambi, sapaan akrab Subambihanto.
Lebih lanjut disampaikan, Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini. “Ibaratnya gerakan pramuka sebagai rumah untuk semua orang di Indonesia. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di indonesia dan golongan atau kelompok lainnya,” lanjut Bambi. 
Untuk itu, melalui HUT Pramuka ke-57 tahun yang bertema “Pramuka Perekat NKRI“ ini Bambi kembali menegaskan bahwa gerakan pramuka harus tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.
Mengakhiri sambutannya Bambi berharap agar gerakan pramuka di Kota Mojokerto berpartisipasi di tahun politik dengan memberikan kesejukan dan tidak terlibat dalam hirukpikuk perpolitikan. “Untuk itu, saya mengharapkan seluruh jajaran pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak,” kata Bambi.
Usai memberikan sambutan, Bambi menganugerahkan tanda penghargaan lencana Pancawarsa atas kesetiaan kepada Gerakan Pramuka Kota Mojokerto dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun dan kelipatannya. (wo)

Baca Juga :   BUPATI BUKA ACARA PEMBINAAN RT/RW DAN LKMD DIGEDUNG SUJUNO KAB.LUMAJANG.
Telah dibaca : 12 kali.