Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 17 Januari 2020 - 18:01 WIB

Maskot Pilkada Kalteng 2020 , Si Balanga

foto Maskot Pilkada Kalteng 2020 , Si Balanga

foto Maskot Pilkada Kalteng 2020 , Si Balanga

Maskot Pilkada Kalteng 2020 , Si Balanga

foto Maskot Pilkada Kalteng 2020 , Si Balanga

Palangka Raya, Sekilasmedia.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim mengajak warga di provinsi setempat menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Jum’at, 17/1/2020

“Masyarakat agar memastikan dirinya masuk dalam daftar pemilih tetap kemudian menggunakan hak pilih untuk memilih calon gubernur dan wakil gubernur sesuai hati nurani,” kata Harmain di Palangka Raya, Jumat.

Dia juga mengajak masyarakat di Provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” nantinya mengenali seluk-beluk figur yang akan dipilih memimpin Pemerintahan Kalimantan Tengah.

Masyarakat pun diminta turut melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 2020 sehingga mempersempit ruang gerak pelaksana maupun partai politik dan calon gubernur melakukan pelanggaran.

Semakin banyak yang berpartisipasi dalam mengawasi pihak penyelenggara maupun parpol dan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng, makin kecil pula kemungkinan terjadinya pelanggaran atau kecurangan Pilkada.

Pengawasan yang ketat juga bisa melahirkan demokrasi yang berkualitas yang menjadi harapan seluruh elemen bangsa. Sehingga masyarakat jangan sampai terpengaruh dengan adanya politik uang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salam saat berada di Palangka Raya meminta KPU mewaspadai potensi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjadi tim sukses salah satu pasangan calon.

“Jangan sampai PPK dan PPS jadi mesin (tim sukses) calon. Untuk itu KPU harus selalu melakukan monitor dan mengantisipasi pelanggaran kode etik PPK dan PPS. Pilkada juga lebih berat, karena kedekatan calon dengan penyelenggara,” kata Alfitra.

PPK dan PPS selaku bagian dari garda terdepan penyelenggaraan pemilihan umum harus menjaga netralitasnya. Hal ini dalam rangka upaya menciptakan Pemilu yang jujur, adil, berkualitas dan sukses.

Menurut dia cara utama dalam mengatasi masih maraknya pelanggaran Pemilu dengan peningkatan profesionalitas dan menjaga integritas penyelenggara Pemilu.

“KPU dan Bawaslu juga harus sering mungkin kopi bareng, makan durian bareng. Jalin komunikasi secara intens lakukan komunikasi setiap tahapan. Lebih baik bimtek bersama guna menghindari perbedaan penafsiran aturan,” tuturnya.(Hadiboy)

Share :

Baca Juga

Daerah

Juarai Robotic Internasional, Tim Robotic Blitar Dapat Apresiasi Pemkab

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Gelar Jumat Curhat di Masjid Al Mutaqorribin Desa Kalisampurno

Daerah

Forkopimda Jatim Melakukan Pengecekan Pemberlakuan PPKM Darurat Melalui Jalur Udara

Daerah

Aplikasi ‘Sicantik’, Cuti ASN Kota Mojokerto Jadi Lebih Mudah

Daerah

BidDokkes Polda Jatim Turunkan Dokter Spesialis Mata dan Bedah untuk Pantau dan Rawat Korban Tragedi Kanjuruhan

Daerah

Walikota Palembang H. Harnojoyo Menghadiri Tatap Muka Bersama Anggota V BPK RI

Daerah

Ning Ita Teken MoU Tentang Pendistribusian Gas Bumi dengan Dirjen  Kementerian ESDM

Daerah

Hasil Labfor Polda Jatim Rampung, Polisi Beberkan Penyebab Kebakaran Malang Plaza