Daerah  

Antisipasi Konflik Pemilu-Pilkada serentak 2024, Bakesbangpol Gelar Pemantapan Pembauran Kebangsaan

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Nugraha Budi Sulistya saat memberikan pemaparan kepada para mahasiswa dan FPK Kabupaten Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Guna turut serta mensukseskan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, Pemkab Mojokerto melalui Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto menggelar kegiatan pemantapan pembaruan kebangsaan, yang diikuti dari berbagai Universitas, pengurus dan anggota FPK ( Forum Pembauran Kebanggaan) Kabupaten Mojokerto, pada, Senin ( 27/11/2023) bertempat di Vanda Hotel Trawas, Mojokerto.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Drs. Nugraha Budi Sulistya menyampaikan bahwa hakekat kebangsaan ini terdiri dari berbagai pulau, disetiap pulau mempunyai filsafat kebangsaan yang berbeda.

” Kita diciptakan berbeda-beda namun tetap dalam satu kesatuan, dibuktikan NKRI hingga kini tetap utuh,” terangnya.

Untuk diketahui, lanjutnya Bangsa Indonesia ini punya jimad yang namanya Bhinneka tunggal Ika, ini yang membuat berbagai goncangan yang ada di Indonesia tetap utuh, dan kita sudah teruji.

Meskipun banyak peristiwa yang sering kita hadapi, seperti peristiwa sampit, dan ditahun 1998 kita pernah dihadapkan dengan reformasi.

Namun hingga kini persatuan dan kesatuan tetap terjaga, bahkan di Tahun 2045 Indonesia bakal mencapai puncak keemasan,” imbuhnya.

Seperti kegiatan hari ini bertujuan untuk memantapkan pembauran antar suku dan etnis agar tidak ada konflik dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Ketua FPK Kabupaten Mojokerto H Mahfudz Said bersama para pengurusnya

Masih kata Nugraha, dalam berbangsa dan bernegara, kita mengenal dengan adanya ” Demokrasi. Sesuai dengan filosofinya adalah menghindari dari orang jahat untuk berkuasa.

Kabupaten Mojokerto, kita punya sejarah yang kurang baik yakni jangan sampai terjadi sesuatu hal yang pernah terjadi seperti tahun 2010 terjadi konflik jelang Pilkada yakni aksi pembakaran diarea kabupaten Mojokerto, ini jangan sampai terjadi,” harapnya.

Untuk itu dengan kegiatan ini, harapannya pemilukada serentak Tahun 2024 nanti tetap aman dan kondusif,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain sambutan dari Kepala Bakesbangpol Kabupaten Mojokerto Nugraha Budi Sulistya, juga menghadirkan narasumber dari FPK provinsi Jawa Timur Yafeti Waruhu dan Drs Kartiwi Sekretaris FPK Kabupaten Mojokerto.(Wo)