Daerah  

Inilah Prestasi Ning Ita, Selama 5 Tahun Mengabdi

Mojokerto,Sekilasmedia.com- Walikota Mojokerto Hj.Ika Puspita Sari, yang akrab disapa masyarakat kota Mojokerto dengan sebutan Ning Ita, kini telah mengakhiri masa pengabdiannya. Ning Ita menyandang jabatan Wali Kota Mojokerto terhitung sejak tanggal 10 Desember 2018 dan akan berakhir pada 10 Desember 2023.

Selama 5 tahun mengabdi, Ning Ita telurkan ratusan inovasi dan bertabur prestasi telah didapatkan, tak ayal kota Mojokerto hingga dinobatkan sebagai kota Terinovatif se Indonesia, lantaran berbagai bidang semua dicapai mulai dari pendidikan, kesehatan, indeks pembangunan manusia, sarana prasarana hingga sebanyak 132 penghargaan telah diraih pemerintah kota Mojokerto.

Seperti diketahui sejak Tahun 2022 hingga 2023 Kota Mojokerto telurkan sebanyak 176 Inovasi. Berbicara tentang pendidikan ada 5 hal yang digratiskan bagi siswa TK,SD, dan SMP diantaranya seragam sekolah, sepatu, buku, tas dan angkutan sekolah gratis.

Tidak itu saja, ada 21 sarana publik juga tuntas dibangun dimasa pengabdian Ning Ita, baik sarana olahraga, taman maupun tempat bermain bagi anak-anak.

Disektor ekonomi, Ning Ita juga sukses menjalankan program inkubasi wirausaha sebanyak 1336, dan juga mengadakan program inkubasi koperasi, ada puluhan koperasi di kota Mojokerto sebagai pilot project.

Tak kalah pentingnya, jadi pusat perhatian dalam 5 tahun Ning Ita mengabdi, yakni capaian tentang pentingnya kesehatan bagi masyarakat kota Mojokerto.

Soal penanganan Stunting mengalami penurunan yang sangat drastis, ditahun 2019 Stunting menunjukkan angka 9,04 namun diakhir 2023 angka stunting turun menjadi 2,26.

Selanjutnya tentang inisiasi aplikasi Gayatri, didalamnya terdapat berbagai fitur, di antaranya Verivali, PSN, Prameswari, Invemtori, SIMRS, TTD (Tablet Tambah Darah), Cek antrean per-faskes per-poli, SIMKES (Sistim informasi kesehatan) , dan Vaksinasi Covid-19.

Gayatri merupakan kepanjangan dari Gerbang layanan informasi terpadu dan terintegrasi, layanan ini merupakan inovasi
untuk mengawali upaya satu data Kota Mojokerto di bidang kesehatan.

Perhatikan Ning Ita, soal cakupan dibidang kesehatan tak tanggung- tanggung, seperti perhatian pada RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, satu-satu Rumah Sakit milik pemerintah kota Mojokerto ini juga dilengkapi dengan berbagai alat medis yang serba canggih, seperti layanan kateterisasi jantung (cath lab) merupakan satu-satunya yang ada di Mojokerto Raya, tak cukup itu rumah sakit ini juga menyediakan ruangan exsekutif. Dengan layanan Poli Eksekutif merupakan layanan medis rawat jalan dengan standar pelayanan cepat, paripurna dan bisa memilih penanganan dokter spesialis sesuai keinginan pasien.

Selama 5 Tahun Ning Ita mengabdi membawa kota Mojokerto semakin banyak prestasi.(Wo/adv)