Daerah  

Hari Jadi Kota Probolinggo Ke 665, Pj Nurkholis Ziarah Makam Pemimpin Terdahulu

Probolinggo,Sekilasmedia.com – Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis dan segenap jajaran eksekutif Pemerintah Kota Probolinggo melaksanakan Ziarah Makam ke pemimpin terdahulu diantaranya Wali Kota ke-17 Soeprapto dan Mantan Wakil Wali Kota Probolinggo Kuncoro yang berada di Kawasan Makam Kauman, Kecamatan Mayangan.

Sementara itu, di tempat lain Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati beserta segenap jajarannya juga melaksanakan ziarah ke Makam Mantan Wakil Wali Kota Soufis Subri yang berada di Pemakaman Keluarga di Jalan Cangkring, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Diketahui, ziarah makam ke sejumlah pemimpin terdahulu ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-665 Kota Probolinggo Tahun 2024. Pj Nurkholis mengatakan bahwa giat ini untuk menghormati pimpinan sebelumnya.

“Kita memang harus menghormati jasa-jasa pendahulu kita, artinya ini rutinitas yang biasa dilakukan selama Hari Jadi Kota Probolinggo, kita ziarah ke makam-makam wali kota dan wakil wali kota terdahulu. Secara lahiriah, tujuan kita ziarah makam ya untuk menghormati beliau yang telah berjasa sehingga Kota Probolinggo sampai di titik ini,” jelas Pj Nurkholis.

Memimpin ziarah tersebut ialah, Abdul Aziz, ketua LPTQ Kota Probolinggo. Dalam kesempatan ini, ia menerangkan beberapa manfaat ziarah makam ialah mengingat kematian dan mengingat saudara yang telah meninggal.

“Dari ziarah makam ini memang ada beberapa manfaat diantaranya kita bisa mengingat kematian, bahwa semua yang hidup akan mati. Sedangkan yang kedua, kita harus mengingat para pendahulu kita yang telah mati, kita kirimkan doa agar yang meninggal ini tidak merasa sendirian,” terang Abdul Aziz.

Selain ziarah makam, Hari Jadi Kota Probolinggo juga diisi oleh beberapa kegiatan sejak 30 Agustus lalu, seperti Festival Kuliner dan Pelayanan Publik di Alun-Alun Kota Probolinggo. Rangkaian Hari Jadi Kota Probolinggo berlangsung hingga 8 September nanti. (suyit)