Daerah  

Arakan Gunungan dan Arsitektur Masjid Warnai Sedekah Bumi Desa Ngembung

Gresik, Sekilasmedia.com – Arakan Gunungan dan Arsitektur Masjid yang di usung warga warnai Sedekah Bumi Desa Ngembung Kecamatan Cerme menuju pendopo balai Desa setempat pada Minggu (15/9/2024).

Rangkaian acara sedekah bumi Desa Ngembung sehari sebelumnya dilaksanakan Istigotsah, lalu pada Sabtu siang diadakan upacara syukuran sedekah bumi yang diikuti warga Desa Ngembung yang meliputi tiga dusun yakni dusun Ngembung, Kemendung dan Klagen. Dan malamnya dilanjutkan acara hiburan wayang kulit dengan dalang Ki dalang Puguh Prasetyo mengambil judul

Kepala Desa Ngembung Nanik Supranti mengatakan dimana kegiatan sedekah bumi ini untuk masyarakat Ngembung.

” Kegiatan Sedekah Bumi ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT, karena melimpahnya hasil bumi, kesehatan, rejeki dan kemakmuran masyarakat Desa Ngembung,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cerme Umar Hasyim menegaskan bahwa acara sedekah bumi ini merupakan tradisi yang baik untuk dilestarikan sekaligus bentuk rasa syukur atas kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada masyarakat Desa Ngembung.

” Tradisi-tradisi seperti ini perlu dilestarikan, di mana pelaksanaannya ada nilai gotong royong dan keguyuban/ kerukunan di masyarakat,” tururnya.

Pada kesempatan ini, Camat Cerme tak lupa mengingatkan warga Ngembung di musim kemarau yang panjang ini agar saat membakar sampah ditunggui jangan dibiarkan karena akan menimbulkan kebakaran lahan. Kemudian akan bahaya narkoba, kembali diingatkan supaya generasi muda terutama karang taruna untuk menjauhi pengaruh narkoba. Karena banyak mudhorotnya yakni merusak kesehatan dan sosial di masyarakat.

Diakhir acara Camat Umar menyampaikan Semoga Desa ngembung diberikan barokah oleh Allah SWT.

Setelah itu acara dilanjutkan doa bersama dan ramah tamah yang dilakukan oleh Kepala Desa Ngembung beserta Forkopincam Cerme serta warga Desa Ngembung, sambil diselingi undian kupon berhadiah dan alunan musik gamelan tradisional.

Hadir pada acara ini Camat Cerme Umar Hasyim, Kapolsek Cerme Iptu Andik Asworo, Danramil Cerme Lettu Inf. Toyib, Kepala Desa Ngembung Nanik Supranti beserta perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna, TP PKK dan masyarakat Ngembung.(rud)