Daerah  

Buka PKKMB 2024/2025, Prof Herman: Kuatkan Posisi UISI Sebagai Kampus Heritage Teknologi Terpercaya di Indonesia

Gresik, Sekilasmedia.com – Menyusul berbagai prestasi yang diraih oleh para mahasiswanya, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas kinerja. Bahkan, perguruan tinggi di Gresik, Jawa Timur ini, kini tengah menguatkan pengakuan terkait lulusannya di tingkat regional ASEAN.

“ Ini kami lakukan dengan terlebih dahulu meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya menusia (SDM), terutama para dosennya. Karena itu, kami terus dorong dosen-dosen muda berkualitas ini untuk menempuh jenjang doktoral (S3) untuk yang masih S2 (strata dua, Red),” ujar Rektor UISI Prof Dr Eng Ir Herman Sasongko, seusai Grand Opening Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024/2025 di kampus B UISI, Selasa (17/9/2024).

PKKMB merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mereka berproses menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan kampus. Pada tahun akademik 2024/2025 ini, UISI tercatat menerima 460 mahasiswa baru.

Prof Herman mengatakan, ribuan mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di UISI teridentifikasi berasal dari 28 provinsi yang tersebar di Indonesia. Ini bukti, bahwa kampus yang menempati bekas pabrik Semen Gresik ini telah mendapat kepercayaan yang tinggi dari publik di negeri ini.

Karena itu, lanjut rektor penyuka musik cadas rock ini, peningkatan kualitas SDM merupakan keniscayaan sebagai bentuk respon atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat Indonesia.

“ Sebaran asal mahasiswa kami sudah mencapai 28 provinsi. Jadi kalau semisal pilpres (Pemilu presiden, Red), pasti menang,” kelakar Herman seraya menambahkan, pihaknya terus menguatkan posisi UISI sebagai kampus heritage teknologi yang diharapkan menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh kampus lain di mana pun di negeri ini.

Prof Herman Kembali menegaskan, saat ini kampus yang dipimpinnya memasuki fase baru untuk diperjuangkan. Fase yang ia maksudkan adalah kiprah civitas akademika UISI yang tidak saja di tingkat lokal dan nasional, tetapi diproyeksikan di tingkat regional ASEAN. Karena itu, selain terus mendongkrak kualiats dan kompetensi SDM, UISI juga terus menguatkan kolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk dengan anak-anak perusahaan Semen Indonesia Group.

Sementara Misbahul Munir, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Gresik, yang hadir mewakili Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menyemangati para mahasiswa baru agar berperan aktif di semua lini kehidupan masyarakat.

Ia juga minta para mahasiswa bangga bisa masuk dan diterima di UISI, karena keberadaan kampus ini yang terus maju dan berkembang.

“Adik-adik mahasiswa harus merasa bangga bisa diterima di UISI ini. Karena itu, kalian mesti turut serta mengisi pembangunan dan perperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Kalian juga harus terus mengikuti perkembangan, terutama di era digital ini,” ujar Munir. (rud)