Daerah  

Raker dan FGD JMSI Jatim Bahas Media Siber hingga Kesehatan Mental Pekerja Pers

SURABAYA,Sekilasmedia.com- Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Kerja (Raker) dan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Kampi Surabaya, Kamis (19/9/2024). Seluruh anggota JMSI dari Kabupaten dan Kota se Jatim hadir pada acara itu yang didukung Bank Jatim itu.

Mengambil tema : “Peran Media Siber Dalam Memperkuat Literasi Digital untuk Membangun Demokrasi Digital yang Sehat” diisi pemaparan sejumlah narasumber dilanjutkan dialog tentang peran media siber dan aktivitas SDM nya khususnya yang tergabung dalam JMSI.
“Kegiatan ini bertujuan silaturrahmi antar anggota dan berbagai pihak sebagai upaya penguatan media siber dari sisi konten maupun bisnis. Ini penting untuk keberlangsungan media siber dengan pemberitaan sesuai kaidah jurnalistik dan meningkatkan keuntungan perusahaannya,” ujar Ketua JMSI Jatim, Syaiful Anam.
Menurut Syaiful Anam, dua hal penting perlu dilakukan dalam upaya penguatan media siber, Pertama, profesionalisme pemberitaan dengan kaidah jurnalistik. Kedua kemandirian dan sehatnya perusahaan.
Wadir Yanmed dan Keperawatan RSJ Menur Surabaya dr Rifatul Hasna M.Kes. kesempatan itu memaparkan “Mengelola stress dan Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja”.
Dikatakan, managemen agar tidak strees di tempat kerja perlu lakukan hal berikut : menyeimbangkan hidup dalam lingkungan sosial dan pekerjaan, bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya, lakukan kegiatan sesuai dengan minat dan kemampuan.
Jagalah Kesehatan dengan olahraga/aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, kembangkan hobi yang bermanfaat, “Meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan, berpikir positif dan tenangkan pikiran dengan relaksasi,” ujarnya
Pemaparan dilanjutkan dr Permata sekaligus diadakan lomba karya tulis Kerjasama JMSI Jatim dengan RSJ Menur Surabaya. Hadiahnya lumayan besar, total Rp 25 juta. Teknis pelaksanaan segera diumumkan.
Sekjen JMSI Jatim Dr. Eko Pamuji M.I.Kom banyak menjelaskan organisasi JMSI dalam upaya pengembangan dan penguatan medianya maupun organisasinya.
Sementara itu materi dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono tentang “Peran Media Siber Dalam Memperkuat Literasi Digital Dalam Memperkuat Literasi Digital Untuk Membangun Demokrasi Digital yang Sehat” disampaikan oleh Eko Setiawan, S.I.Kom,M.Med.Kom, Ketua Tim Kerja Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim.