Daerah  

Pembinaan SDM RSUD, Inilah Tips Pelayan Prima Ala Mas Pj

Mojokerto,Sekilasmedia.com-RSUD dr Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto Menggelar Pembinaan SDM , kegiatan di selenggarakan di Aula Lantai 2 RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, dengan tema “Pelayanan Prima” ,Kamis (17/10/2024).

Mas PJ menjelaskan ada beberapa Standard yang harus diketahui, sebagimana bisa memberikan Pelayanan prima yang baik .

Mas PJ Mengistilahkan Standar Pelayanan Tersebut dengan JAS atau 7A + S “Jika seseorang Memakai Jas akan terlihat rapi,dan jas hanya dipakai saat acara penting dan formal” katanya.

Menjabarkan standar tersebut , A yang pertama yaitu ‘attitude’ atau sikap. “Kita harus mempunyai sikap yang baik dalam melayani, tutur kata,sapaan , sikap baik ini harus ada yang muncul dari pikiran yang baik,” katanya.

“Kita harus berhati-hati dengan Pikiranmu karena akan berpengaruh terhadap perbuatan kita, dan berhati-hati dengan perilakumu,karena bisa berpengaruh terhadap kebiasaan mu,dan hati-hati dengan kebiasaan mu karena berpengaruh dengan masa depanmu,” imbuhnya.

A kedua adalah ‘action’ yang berarti tindakan Karena kecepatan merespon sesuatu itu penting.

A yang ketiga adalah ‘ability’ atau kemampuan, kemapuan yang dimaksud adalah kepuasan pelayanan dan soft skill.

Kemudian, A yang keempat adalah ‘accountability’ atau pertanggungjawaban ,semua yang kita lakukan harus ada pertanggungjawabannya karena ada SOP-nya ,dan memberikan Pelayanan harus pas dan tepat sasaran,punya jam kerja dan semuanya harus sesuai SOP.

Kemudian ada ‘attention’ atau perhatian. “Beda cara berbicara dengan hati dan tidak dengan hati , gestur tidak bisa di bohongi”. Ungkapnya.

Yang terakhir adalah ‘sympathy’ atau simpati ” ketika kita meletakkan perasaan ini kepada orang yang diajak bicara,maka tidak ada pelayanan yang tidak Prima” katanya.

Sedangkan yang diharapakan masyarakat yakni better (lebih baik), faster (lebih cepat), newer (ada hal baru), cheaper (lebih murah), dan simpler (lebih sederhana).

Sedangkan Direktur RSUD dr Wahidin Sudirohusodo, Sulaiman Rosyid mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada pegawai RSUD dr Wahidin Sudirohusodo untuk lebih memberikan pelayanan yang prima.(SM)