Janji Prabowo Usai Dilantik Jadi Presiden RI

Jakarta,Sekilasmedia.com-Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi Presiden RI ke 8, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta pada Minggu (20/10/20224).

Dalam pidato perdananya, Prabowo mengobarkan semangat kemerdekaan, termasuk berani melawan korupsi.

Di awal kepemimpinannya tersebut, Prabowo langsung mengumbar janji, salah satunya di bidang ekonomi. Ada lima poin janji yang diucap Presiden Prabowo.

Pertama, dia berjanji bakal memangkas kemiskinan dan mengaku mampu melaksanakannya dengan baik meski banyak pihak yang pesimis akan target tersebut.

Kedua, bakal merombak bantuan masyarakat miskin, yaitu memastikan subsidi bagi masyarakat tidak mampu tepat sasaran, dengan skema penyaluran langsung.

Ketiga, membawa Indonesia swasembada pangan paling lama 5 tahun mendatang. Bisa lebih cepat demi ketahanan pangan dalam negeri. Dan Indonesia harus bersiap mandiri di tengah banyak negara tidak mau menjual komoditas pangannya saat krisis.

Keempat, membawa Indonesia mandiri energi. Mengingat konflik Timur Tengah sangat sering membuat komoditas minyak bergejolak. Menurut dia swasembada energi akan dimulai dari sumber alam yang ada di dalam negeri. Contoh, mencampur hasil alam dengan BBM, B30 dan B45 seperti yang sudah dijalankan.

Dan yang terakhir kelima, melanjutkan kebijaksanaan hilirisasi yang sudah dijalankan Jokowi. Hilirisasi memberikan daya tambah untuk komoditas unggulan dalam negeri.

Selain lima janji tersebut, Presiden Prabowo secara tegas menyatakan memberikan dukungan penuh terhadap kemerdekaan bangsa dan negara Palestina. SN.