Daerah  

Tampil Ala Jenderal Sudirman, RT 5 Harumkan Nama Dusun Dalam Kirab Budaya Ruwat Desa Balongtani

Ket. Foto ; "Jenderal Sudirman" RT 5 dalam kirab budaya desa balongtani

 Sidoarjo,Sekilasmedia.com– Ribuan warga Desa Balongtani, Kecamatan Jabon turun ke jalan menyaksikan kirab budaya atau yang kerap disebut Karnaval dalam rangka Ruwat Desa Balongtani, pada Sabtu (19/10/2024) siang.

Kirab budaya dibuka ( open start ) secara langsung oleh Camat Jabon, Iswadi Pribadi dengan didampingi segenap pemerintah desa Balongtani.

Ratusan peserta kirab mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan membawakan berbagai tema budaya, pahlawan , ada juga tema daur ulang sampah rumah tangga.

Kepala Desa (Kades) Balongtani, Na’im menuturkan setiap tahun Pemdes Balongtani mengadakan ruwat desa yang bertujuan untuk menghormati serta mendo’akan para leluhur desa.

“semalam kami berdo’a bersama untuk para leluhur dan sesepuh desa. Serta untuk mendo’akan masyarakat Desa Balongtani agar selalu rukun, tentrem, gemah ripah loh jinawi,” terangnya.

Menurut Na’im, selain kirab budaya, ruwat desa kali ini, pihaknya juga menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk sebagai simbul penghargaan terhadap nila-nilai luhur budaya bangsa.
Selain itu, lanjut Naim wayang kulit dianggap memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa serta mampu menjadi ajang silaturahim antar warga, sehingga kerukunan antara warga yang satu dengan lainnya bisa terjalin dengan erat.

Secara terpisah , ketua RT 5, RW 2 , Agus Habib saat dikonfirmasi awak media pasca pengumuman pemenang kirab budaya mengaku merasa sangat senang lantaran dusun Jetis bisa meraih juara meskipun bukan juara pertama.
“Setidaknya ada peningkatan dari tahun kemarin “, ungkap Agus.

Dikatakannya , sebagai ketua lingkungan (RT 5 , red), Dirinya sangat apresiasi atas semangat juang yang tinggi dari segenap warga lingkungannya sehingga menghasilkan kreatifitas berkarya .
Dengan mengusung tema pahlawan yakni dengan menampilkan tarian dan kostum ala Jenderal Sudirman, peserta RT 5 mampu menghipnotis para juri hingga pada akhirnya bisa mengantarkan mereka meraih juara 3
” Selain prestasi nominasi yang terpenting bagi kami, RT 5 mampu mengharumkan nama Dusun Jetis dan semoga prestasi ini terus meningkat dan berkelanjutan di tahun tahun mendatang”, pungkas Agus. ( Pra )