Pengertian, Jenis, Serta Manfaat Mainan Lego – SEKILAS MEDIA

Pengertian, Jenis, Serta Manfaat Mainan Lego

Pengertian, Jenis, Serta Manfaat Mainan Lego

 

Sekilasmedia.com-Semakin berkembangnya zaman, penggunaan teknologi modern untuk melakukan segala sesuatu sangat sering dilakukan. Mulai dari berkomunikasi, mecari informasi, hingga bermain permainan bisa dilakukan dengan bantuan teknologi.
Namun, seiring berkembangnya teknologi, masih ada mainan-mainan tertentu yang kepopulerannya tidak habis tergerus zaman. Lego adalah salah satu dari permainan tersebut.
Lego ini sudah dikenal oleh berbagai macam orang di seluruh belahan dunia. Kepopuleran lego disebabkan karena inovasi-inovasnya yang terus diperbarui, selain itu mainan ini juga memiliki manfaat yang baik.
Pada kesempatan yang satu ini, kami akan menjelaskan tentang mainan yang satu ini. Untuk itu, silahkan simak artikel ini sampai selesai!

Pengertian lego
Pertama, mari kita bahas apa itu lego, lego sendiri adalah suatu merk mainan yang diprodukso oleh Lego System. Perusahaan ini memproduksi mainan yang terdiri dari bata plastik yang bisa saling mengunci.
Bata ini bisa dimainkan dengan cara menyusunnya satu dengan yang lain untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk yang diinginkan pemain.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1932, The Lego Grup saat ini sudah membangun beberapa taman hiburan di seluruh dunia bernama Legoland.
Lego sendiri cukup terkenal dengan inovasinya, mereka seringkali melakukan kolaborasi dengan film ataupun game tertentu untuk mendapatkan perhatian dari para penggemarnya.

Jenis lego
Pada awalnya, lego hanya terdiri dari satu jenis, sebut saja lego system. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mulai menyadari bahwa target pasarnya merupakan anak-anak dengan usia yang berbeda-beda.
Perusahaan ini menyadari bahwa kemampuan anak dari setiap usia berbeda-beda, anak yang masih kecil biasanya akan kesulitan untuk merancang sesuatu yang sulit. Dari situ, lego mulai mencari dan menemukan sistem baru dimana produk legonya terbagi menjadi tiga jenis.
Lego ini sekarang terbagi menjadi tiga yaitu Lego (normal), Lego Juniors, serta Lego Duplo.
Lego normal adalah lego yang paling sering ditemui, untuk menyusun lego ini biasanya diperlukan kesabaran tinggi karena memang dirancang untuk dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Wajarnya, jika kita membeli lego tanpa tambahan kata apapun, maka lego yang satu inilah yang akan diberikan.
Lego Juniors adalah lego yang dirancang khusus untuk anak dalam kisaran umur 4 sampai 7 tahun. Perbedaan dari lego ini biasanya adalah pengurangan dari bagian kecil yang kompleks, yang biasanya susah untuk disusun. Bagian kecil seperti ini juga cukup rawan untuk termakan.
Yang terakhir adalah Lego Duplo, lego ini memiliki ukuran jauh lebih besar dari lego standar. Variasi dari brick atau potongan bata lego ini juga tidak terlalu banyak. Lego ini memang dibuat sengaja untuk anak kisaran umur dibawah lima tahun, jadi dirancang agar mudah dan aman dimainkan.

Manfaat bermain lego
Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan saat bermain lego, mulai dari melatih kreativitas, melatih motorik anak, hingga melatih kesabaran. Selain itu, bermain lego juga melatih anak-anak dalam pemecahan masalah.
Sebagai tambahan, bermain lego juga bisa melatih kerjasama dalam tim. Karena biasanya jika anak-anak bermain lego bersama, mereka akan merencanakan sesuatu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.
Bermain lego juga bisa menjadi ajang menunjukkan kegigihan, karena untuk merancang lego yang cukup kompleks memang diperlukan sikap yang pantang menyerah. Karena tak jarang juga terjadi kegagalan maupun kesalahan saat merancang lego.(*)

SEKILAS MEDIA