Cetak Siswa-Siswi Menjadi Wira Usaha, Ning Ita Berikan Sosialisasi Tentang Pendidikan Koperasi

Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita Sari saat memberikan sosialisasi tentang pendidikan koperasi di SMAN 3 Kota Mojokerto, pada Rabu ( 16/8/2023).

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Guna mendukung perekonomian Kota Mojokerto dan mencetak siswa-siswi kota Mojokerto sebagai Wira Usaha, Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita Sari yang akrab disapa Ning Ita memberikan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan koperasi bagi siswa-siswi yang ada di kota Mojokerto, pada Rabu ( 16/8/2023) bertempat di ruang guru SMA Negeri 3 kota Mojokerto.

Dalam kegiatan sosialisasi kali ini Walikota Mojokerto Hj Ika Puspita Sari, didampingi langsung oleh kepala sekolah SMAN 3 kota Mojokerto Ir. Drs.Samsul Mu’arifin,M.M.Pd, dan Kepala Diskopukmperindag kota Mojokerto Ani Wijaya beserta ratusan para siswa- siswi SMA Negeri 3 Kota Mojokerto.

Walikota Mojokerto Ning Ita menyampaikan, untuk mendukung Indonesia menuju generasi emas, diantaranya betapa pentingnya koperasi untuk dipahami oleh semua siswa baik SMA maupun SMK di Kota Mojokerto, karena Koperasi adalah merupakan Soko Guru ekonomi dari Bangsa ini,” ucap Ning Ita.

Lebih jelasnya, lanjut Ning Ita, Soko Guru adalah pilar penyangga ekonomi Bangsa, artinya koperasi sebagai kekuatan tiang penyangga dari ekonomi Bangsa Indonesia.

“Maka dari itu, lanjutnya, koperasi ini harus perlu dipahami bagi calon penerus Bangsa yakni Generasi Z yakni generasi yang lahir pada tahun 1997-2012,” jelasnya.

Ning Ita menambahkan bahwa koperasi itu setara dengan badan usahan lainnya seperti PT maupun CV, namun yang membedakan koperasi ini punya kekuatan pada anggotanya. Tidak seperti PT maupun CV yang mengendalikan usaha hanya pada pengurus pemegang saham saja,” urainya.

Untuk diketahui bahwa pemerintah kota Mojokerto bersinergi dengan cabang Dinas Mojokerto yang dibawah Provinsi Jawa Timur telah memberikan pemahaman tentang koperasi kepada siswa SMA maupun SMK Se- Kota Mojokerto.

Masih kata Ning Ita, kota Mojokerto juga telah membentuk Duta Koperasi, selain itu kota Mojokerto juga membuat program semua kebutuhan dinas bisa belanja lewat koperasi.

Melalui duta- duta koperasi yang sudah terbentuk, bertujuan untuk menggerakkan usaha koperasi di sekolah masing-masing.

Usaha yang dijalankan bisa macam-macam, seperti yang sudah berjalan yakni bisa serba usaha, koperasi membentuk karakter siswa menjadi Wira usaha, maka dari itu pendidikan tentang ekonomi dan koperasi ini perlu diberikan pemahaman sejak dini,” pungkas Ning Ita. ( wo/adv)