Daerah  

Serangkaian Hari Jadi Ke 730, Pemkab Mojokerto Gelar Semaan Al Qur’an

Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati saat memberikan sambutan di acara Semaan Al Qur’an

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Pemerintah Kabupaten Mojokerto kali ini menggelar Semaan Al Qur’an dalam rangka Hari jadi Kabupaten Mojokerto Ke 730 Tahun 2023
bersama Jam’ Iyah H amalatil Qur’an Kabupaten Mojokerto bertempat di Pendopo Graha Maja Tama pada Kamis ( 27/4/2024 )

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra, Kabiro Pemerintahan dan Kesra Provinsi Jatim Didik Khusnul Yakin, para OPD, Kabag, Camat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto yang diwakili Nur Rahmat, dan ketua JHQ ( Jam’iyah Hanalatil Qur’an) KH DR Fatih Masrur.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto Hj Ikfina Fahmawati menyampaikan, masih dalam suasana bulan syawal ini, kita kembali bersih dan mendapatkan kemenangan, Alhamdulillah bapak ibu bisa hadir di Pendopo ini berkenan melantunkan ayat suci Al Qur’an dalam rangka hari jadi ke 730.

Untuk diketahui, hari jadi Mojokerto ini dihitung sejak Raden Wijaya mendapatkan ijin kembali ke mojopahit, pengakuan sejarah deplomatis pasukan Tar tar dapat dikalahkan kerajaan Mojopahit,” Urai Ikfina.

Sejak 9 mei 1293 disepakati ahli sejarah sebagai hari jadi Kabupaten Mojokerto. Dan setelah Raden Wijaya tiada, dia punya satu putra dari istri keduanya namun tidak diberi tahta, sehingga ditunjuklah istri bernama Gayatri, namun dia tidak mau jadi pemimpin saat itu, akhirnya tahta kerajaan dilanjutkan oleh Tribuana Tunggadewi.

Untuk selanjutnya ditunjuk Hayam Wuruk sebagai raja dan didampingi Patih gajah Mada. Jadi berdirinya Kabupaten Mojokerto ini dihitung sejak berdirinya kerajaan Mojopahit,” jelasnya.

Masih kata Ikfina, Mojopahit adalah kerajaan yang sangat peduli dengan masyarakatnya, inilah yang kita lanjutkan sampai saat ini, yakni Pemerintah selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

” Bisa kita menyadari dan mensyukuri kenikmatan yang diberikan untuk kabupaten Mojokerto, kita semua bersinergi dan bisa bergerak,” tambahnya.

Selanjutnya Bupati Ikfina menyampaikan bahwa HUT Kabupaten Mojokerto di tahun 2023 ini, ambil Motto “Bersatu dan Berkarya”.

Bersatu untuk membangun mojokerto yang lebih baik, dan berkarya berbagai program yang sudah disusun secara bersama dengan memajukan kabupaten Mojokerto, maju dengan lebih cepat,” paparnya.

Dalam memaknai hari jadi ini, kedepan kita akan terlibat secara aktif pesta demokrasi, kita harus tetap bersatu, dengan bersatu kita tetap bisa berkarya.

” Dengan bacaan ayat suci Al Qur’an Alloh akan memberikan hidayah kepada kita semua, dan akan mendapatkan surganya Alloh,” tutup Ikfina.(wo/Adv)