Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 27 Desember 2018 - 11:26 WIB

BUPATI ADAKAN ACARA BERTEMA “MONGGO PINARAK YOSO”

LUMAJANG,Sekilas Media. com– Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., (Cak Thoriq), didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Nuryatin, M.Pd., bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., membuka kegiatan “Monggo Pinarak Yoso”, di Balai Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun, Kamis (27/12/2018) siang.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Lumajang, juga disaksikan oleh sekian banyak tamu yang hadir pada acara itu.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang, yang akrab disapa Cak Thoriq, menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah desa yang menyelenggarakan kegiatan, “Monggo Pinarak Yoso” tersebut.

“Saya melihat Kepala Desa yosowilangun Lor ini adalah orang yang pintar dan mampu merangkul anak muda desa lewat kegiatan ini,” ujarnya.

“Saya juga berkeinginan agar Desa Yosowingaun Lor ini mampu menjadi contoh buat desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lumajang,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati, Bunda Indah, menyampaikan bahwa dengan adanya festival kelor, masyarakat bisa tahu bahwa daun kelor mempunyai kandungan vitamin A yang empat kali lebih besar dari Wortel, sedangkan vitamin C kelor lebih besar dari jeruk dan kandungan kelor juga 25 kali lipat dari bayam.

Untuk itu, “Ke depan dinas perdagangan harus mampu membuka pasar kepada daerah lain, sehingga kita mampu memperkanalkan batik maupun makanan khas kita ke daerah lain,” tuturnya.

“Kita akan mencari pasar yang nantinya akan menjadikan Batik Lumajang bisa dikenal dipasar nasional bisa dinikmati oleh bangsa Indonesia,” tambahnya.

Kepala Desa Yosowilangun Lor, Saiful Imam, menjelaskan bahwa kegiatan “Monggo Pinarak Yoso” bertujuan untuk meningkatkan perekonomian UMKM yang ada di Desa Yosowilangun Lor.

Hal itu, juga sebagai sarana silaturrahmi antara Pemerintah Desa dan semua lapisan masyarakat Yosowilangun Lor.

Sementara itu, Ketua panitia, Johan Adi Sanjaya, melaporkan, bahwa Monggo Pinarak Yoso adalah ekspresi keramahan masyarakat yang penuh persatuan (Guyub) dinamis, riang gembira dan penuh energi (Sigrak) sehat, indah, gotong royong, apresiatif dan kreatif dalam menata segenap potensi (Nata Desa) untuk berkontribusi pada cita-cita negara.

(Mbangun Negara) menuju masyarakat sejahtera dan bermartabat. Kegiatan “Monggo Pinarak Yoso bertemakan: ‘Guyub Sigrak Nata Desa Mbangun Negara.”

Monggo Pinarak Yoso diselenggarakan mulai tanggal 27 – 31 Desember 2018, yang disajikan dengan gelar karya batik pemuda, dapur gizi inovasi stunting 2020, Gerakan Ibu Tandur untuk Anak (GITA), festival jangan kelor, festival bakar gurami, pagelaran Musik Yosowilangun Comunity (MYC), reog dan campursari, tembang kenangan serta danglung Gita Karya Tani,”(Sh3lor).

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Ikfina Ajak Lawan Korupsi
Ruqiyah Dengan Metode Al-Qur’an, Solusi Jitu Atasi Berbagai Permasalahan

Daerah

Ruqiyah Dengan Metode Al-Qur’an, Solusi Jitu Atasi Berbagai Permasalahan

Daerah

Siswa Banyak Masuk PTN, DPRD: Komitmen Jatim Majukan Pendidikan dan Persiapkan SDM Berkualitas

Daerah

Raih Juara Keltana Tingkat Provinsi, Kelurahan Sukoharjo Dapat Penghargaan Dari Gubernur Khofifah

Daerah

Kepergok Curi Puluhan Slop Rokok, Pria Pengangguran Ditangkap

Daerah

Pemerintah Kota Blitar Gelar Pembinaan Pengurus Harian LPMK

Daerah

Kapolres Blitar Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Bersama di Bulan Ramadhan

Daerah

BUPATI SAMPAIKAN JAWABAN ATAS PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI DPRD PADA RAPAT PARIPURNA 2018