Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 20 September 2020 - 13:27 WIB

Kota Batu, Bersatu Untuk Indonesia Bersih

Foto : Walikota Batu lalukan foto bersama dengan para peserta rembug warga Desa Pendem Junrejo Kota Batu dalam peringatan World cleanup Day.

 

Batu, Sekilasmedia.com – Aksi serentak bersih-bersih lingkungan sekitar, diikuti sekitar 2000 waga Kota Batu dan juga diikuti oleh ASN Kota Batu, dimana acara bertema Kota Batu Bersatu Untuk Indonesia Bersih itu tercermin dari serangkaian kegiatan World Clean Up Day 2020 yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu di area Lumbung Padi, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu ( 20/9/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Sekda Zadiem Effisiensi, dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengapresiasi kegiatan yang digelar DLH Kota Batu. Terutama yang berkaitan dengan masalah lingkungan, dimana selama 2 hari (sabtu – minggu) dilaksanakan bersih-bersih lingkungan secara serentak, yang melibatkan hampir seluruh warga Kota Batu. Itu mulai dari tingkat RT, RW hingga 24 desa atau kelurahan di Kota Batu dan tempat Usaha.

“Kegiatan bersih-bersih lingkungan juga ada rembug warga dan Ini sungguh sangat luar biasa, karena banyak masukan yang bisa ditindaklanjuti, bisa menjadi masukan, terutama, dari teman-teman bank sampah, perangkat desa dan lainnya yang telah memberikan masukan sangat baik,” terang Budhe sapaan akrab Walikota Batu.

Menurut Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa acara ini bisa dijadikan momentum seluruh lapisan masyarakat untuk menyamakan presepsi dalam meningkatkan kesadaran pengelolaan samapah. Dimana kesadaran masyarakat untuk memperlakukan sampah dengan baik, yang dimaksud Walikota Batu adalah memilah sampah mulai dari rumah, kemudian membuangnya dengan baik dan tepat.

“Hal itu harus ada orang-orang yang bisa melakukan tindak lanjutnya, agar pemerintah tidak disibukkan dengan membersihkan lingkungan. Makanya, semua sampah itu diharapkan bisa bermanfaat. Contohnya residunya yang organik dibuat produk pupuk. Sedangkan, yang plastik bisa didaur ulang menjadi barang-barang bermanfaat,” ujar Dewanti.

Karena itu pada World Cleanup Day 2020 ini, Walikota Batu berharap bisa menjadi momentum meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Sehingga warga mampu melakukan daur ulang sampah menjadi produk yang bermanfaat. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Antisipasi Bencana Koramil Pacet – Perhutani Lakukan Mitigasi

Daerah

Komitmen Cegah Korupsi, Pemkab Gresik Lakukan Monitoring Centre for Prevention Dengan KPK RI

Daerah

DPRD Batu Berharap, Vaksin Corona Diberikan Masyarakat Secara Geratis

Daerah

Tingkatkan Efektifitas Dan Akuntabilitas Belanja Daerah, Bupati Mojokerto Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Daerah

Berikan Rasa Nyaman Saat Ramadhan, Satpol PP Kab Mojokerto Tertibkan Sejumlah Karaoke dan Panti Pijat

Daerah

Polda Jatim Buka Hotline Pengaduan Dugaan Eksploitasi Ekonomi SPI Kota Batu

Daerah

Antusiasme Masyarakat Desa Panglungan Untuk Melaksanakan Vaksin Patut Mendapat Apresiasi

Daerah

Hari Kesehatan Nasional 2021, Bupati Ipuk Beri Penghargaan Kepada Polresta Banyuwangi