Daerah  

Sektor Perekonomian, Pasangan Ibin – Elim akan Menumbuhkan Pusat-pusat Ekonomi baru di Kota Blitar

Blitar,Sekilasmedia.com-Sektor pendidikan, ekonomi, dan kesehatan menjadi prioritas bagi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar Syauqul Muhibbin alias Mas Ibin dan Elim Tyu Samba (Ibin-Elim) jika nantinya terpilih.

Hal ini dinyatakan Ibin usai berdialog dengan generasi muda Kota Blitar, dalam talkshow yang digelar disalah satu cafe di Kecamatan Sananwetan.

Di sektor pendidikan, Ibin-Elim menjanjikan pendidikan gratis sampai sarjana bagi warga Kota Blitar, yang nantinya akan dibiayai dengan APBD.

“Kami tawarkan bukan hanya pendidikan gratis sampai SMA, tapi naik jadi berkualitas. Jadi, saya harap semua pemuda Kota Blitar ini minimal S1. Ini akan jadi prioritas utama program beasiswa dan program persiapan masuk perguruan tinggi, yang dibiayai APBD,” kata Ibin, Jumat (20/9/2024).

Kongkretnya, lanjut Ibin, targetnya adalah minimal 10 persen dari keluarga miskin penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Blitar, yang pendidikannya akan ditanggung pemerintah.

“Beasiswa idealnya untuk 10 persen dari keluarga miskin penerima PKH dan BPNT, yaitu sekitar 800 anak yang akan dibiayai oleh APBD. Kami sadar APBD kita sangat minim, tapi kalau tidak bisa 800 anak, setidaknya setengahnya, yaitu 400. Tapi, tetap kami akan bertanggung jawab mencarikan beasiswa lain, seperti KIP dan sebagainya,” jelasnya.

Pada sektor perekonomian, Ibin-Elim juga menjanjikan akan menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Kota Blitar. Hal ini juga masuk ke dalam visi-misi mereka, dan menjadi prioritas kedepannya.

“Kami akan buka perdagangan antar daerah, begitu pula dengan sektor industri. Kemudian kami ingin ada pariwisata baru di Kota Blitar. Kami akan buat pusat kuliner baru. Jadi, banyak hal yang perlu kami revitalisasi untuk membangun ekonomi di Kota Blitar,” imbuh Ibin.

Hal penting lainnya adalah, pasangan Ibin-Elim berjanji akan membenahi pelayanan kesehatan di Kota Blitar. Menurutnya, pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat wajib adanya.

“Kami terima banyak keluhan soal pelayanan kesehatan yang kurang maksimal. Perlu digitalisasi layanan kesehatan berbasis online. Kami akan evaluasi pelayanan dan peralatan rumah sakit. Sehingga, RSUD kita bisa jadi rumah sakit rujukan. Kita harusnya malu, kota itu harusnya fasilitasnya nomor satu, jangan kalah dengan daerah lain,” bebernya.

Fokus pasangan Ibin-Elim saat ini untuk memenangkan Pilkada Kota Blitar adalah dengan terus-menerus terjun ke masyarakat, guna menyampaikan gagasan mereka.

“Kami sedang berkompetisi memenangkan hati masyarakat. Saya kira, kami harus terjun ke masyarakat, menyapa masyarakat, kemudian kami sosialisasikan gagasan, visi misi, dan program kita. Karena sejatinya, itu lah esensi Pilkada, yaitu beradu gagasan,” pungkas Ibin. ddg