Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 17 April 2024 - 13:33 WIB

Kirab Tumpeng Ketupat di Kampung Coklat 

Blitar, Sekilasmedia.com-Bupati Blitar Rini Syarifah hadir dalam gelaran Kirab Tumpeng di Kampung Coklat di desa Plosorejo di Kecamatan Kademangan. Rabu (17/4/2024)

Bupati Blitar dalam sambutannya mengatakan, “Alhamdulillah, puji syukur pada hari ini, kita bisa menyaksikan KIRAB TUMPENG KETUPAT COKLAT dalam keadaan sehat walafiat. Untuk itu marilah kesehatan dan kesempatan yang telah Allah SWT berikan ini kita syukuri dan semoga senantiasa menyertai kita, sehingga kita terus bisa menghasilkan karya dan bermanfaat bagi orang banyak”.

“Tidak lupa, sholawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang syafaatnya kita nantikan hingga yaumil akhir. Memulai sambutan ini, saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Minal Aidin Walfaidzin, Mohon maaf lahir dan batin untuk seluruh warga Kecamatan Kademangan serta seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan ini. Mudah-mudahan di hari yang fitri ini kita semua mendapat berkah dan selalu berdoa agar keberkahan senantiasa mengiringi kita semua Aamiin,” tambah Bupati.

Sebagai wujud syukur atas berkah yang telah Allah SWT berikan sekaligus sebagai penanda kita merayakan Idul Fitri, secara rutin di Kampung Coklat ini digelar Kegiatan KIRAB TUMPENG KETUPAT COKLAT. Kegiatan ini digelar tepatnya hari ke-7 kita merayakan hari besar umat Islam ini. Dan ini merupakan salah satu aset budaya yang harus dilestarikan, diuri-uri, karena anak cucu biar mengetahui aset budaya yang kita miliki. Jangan sampai tergerus oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi.

Untuk itu dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kirab ini. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan bahkan bisa menjadi program/kegiatan rutin tahunan. Karena kegiatan ini mampu menyedot animo masyarakat, yang turut mendongkrak perekonomian warga. Bupati juga minta perangkat daerah terkait untuk melakukan pendampingan, pembinaan agar kegiatan ini masuk dalam event wisata budaya. Karena kegiatan ini tidak ada di daerah lain, sehingga ini bisa menjadi salah satu ikon Kabupaten Blitar atau khususnya di Desa Plosorejo.

Bupati Blitar menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada jajaran PT. Kampung Coklat yang telah berkontribusi memberikan PAD dari sektor wisata untuk Kabupaten Blitar. Selain itu, kehadiran wisata edukasi Kampung Coklat ini benar-benar mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, juga mengurangi angka pengangguran. Dimana tingkat pengangguran terbuka (TPT) Tahun 2023 mampu ditekan dari 5,45% mnejadi 4,91%. Untuk itu dalam kesempatan ini Bupati nitip pesan, obyek wisata edukasi ini harus terus dikelola dengan inovatif dan kreatif sehingga semakin banyak wisatawan yang mengunjunginya yang selanjutnya juga bisa menikmati obyek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Blitar. Target kunjungan wisatawan harus kita lampaui bapak/ibu Karena di Tahun 2023 kunjungan wisatawan telah mencapai 2,8 juta atau naik sebesar 9,10% dari tahun sebelumnya. Jadi untuk tahun ini harus lebih dari 3 juta wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Blitar. Mari kita tetap mengobarkan semangat gotong royong untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyyibatun warobun ghofur.

Sementara Owner Kampung Coklat, Kholik bersyukur tahun ini masih dan selalu melaksanakan tradisi nguri-nguri budaya Jawa ini yaitu mengadakan kirab Tumpeng Coklat seperti sekarang ini. ddg

Share :

Baca Juga

Daerah

Safari Shalat Jum’at, Dandim 0815/Mojokerto Ucapkan Terima Kasih Pelaksanaan Pilkada Berlangsung Damai

Daerah

Cegah Paham Radikal Kodim 0815 Mojokerto Sosialisasikan Antisipasi Balatkom

Daerah

Viral Video “Mesum” di Taman Sekartaji Kediri Tersebar di Medsos

Daerah

Gubernur Jawa Timur Atensi Bencana di Kota Batu, Segera Siapkan Langkah Antisipasi

Daerah

Inovasi Holtikultura Berkembang di Lamongan, Kebun Jambu Diamond Siap Panen.

Daerah

Pemkab Gresik Bersama Bea Cuka Ajak Masyarakat Berantas Rokok Ilegal

Daerah

Dukung Program Vaksinasi, Kodim 0808/Blitar Siap Antar Jemput Bagi Kaum Difabel

Daerah

Korem 082/CPYJ Terima Kunjungan Tim Wasrik Itjenad