Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 19 April 2024 - 18:53 WIB

Dalam Waktu Dekat Pasar Lawang Segera Direvitalisasi Pasca Kebakaran Lima Tahun Silam

Malang,sekilasmedia.com – Pasca kebakaran bangunan Pasar Lawang lima tahun lalu belum tersentuh perbaikan. Akibat kebakaran sekitar lima tahun yang lalu memang membuat 456 pedagang kehilangan kiosnya.

Baru pada tahun ini rencana revitalisasi Pasar Lawang diajukan melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang memerlukan sekitar Rp 150 miliar untuk merealisasikan revitalisasi Pasar Lawang tersebut.

Dimana perbaikan dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya bagian pasar yang terdampak kebakaran. Revitalisasi mempertimbangkan faktor keamanan, keindahan, kenyamanan, dan keselamatan. Jumat (19/04).

Selain itu konsepnya mengacu pada Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) nomor 21 tahun 2021 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto saat mendampingi Bupati Malang melakukan Halal Bi Halal dengan Kepala Desa Se-Kabupaten Malang di Kantor Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang bahwa telah ada kesepakatan di dalam kantor staf kepresidenan adanya upaya percepatan revitalisasi Pasar Lawang.

“Mudah-mudahan seiring berjalan, segera terwujud untuk pembangunan Pasar Lawang,” tegasnya.

Selain itu dia berpesan kepada pala kepala desa di Kecamatan Lawang agar supaya para pedagang yang terdampak dimohon mengkondisikan. Selain itu hal tersebut sempat dipertanyakan oleh dari salah satu deputi di KSP bagaimana nanti pedagang-pedagang terkait pandangan pembangunan pasar tersebut.

“Tidak kalah pentingnya sama-sama tadi sudah ditekankan oleh pak Bupati Malang, ini gerbang masuknya kabupaten Malang bagian Utara,” tuasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polresta Sidoarjo Gelar Ngopi Bareng Piramida

Daerah

Paripurna DPRD Kab. Mojokerto Penyampaian Raperda Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD TA  2022

Daerah

PPK Kebomas Bersama PPS Sidomoro Sosialisasi Pada Siswa SMK Semen Gresik

Daerah

Tahun 2023, Pemkab Lamongan Berencana Bangun RS Tipe D di Brondong

Daerah

Kapolsek Limbangan Peduli, Bagikan Masker Gratis

Daerah

Perpustakaan Desa Sukoanyar Cerme Nominator Wakil Jawa Timur di Kancah Nasional

Daerah

Resmi Dilantik, Pegawai Lapas Lamongan Peroleh Promosi Jabatan

Daerah

Walikota rekomendasikan DPRD Tentang LKPJ Walikota Tahun 2020